3 Titik Kebakaran Hebat di Riau, Satu Titik di Dumai

PEKANBARU (DUMAIPOSNEWS) – Tim Patroli udara heli bell 412 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) melakukan pantauan kebakaran hutan dan lahan, Jumat (15/2).

Hasilnya, tim menemukan adanya 3 titik yang mengalami kebakaran hebat. Tiga titik itu terdapat di wilayah Mumugo Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, wilayah Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai dan wilayah Teluk Lecah, Pergam Kecamatan Rupat Kabupateng Bengkalis.

Kongkowkuy

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera Israr SHut MSi menuturkan, pihaknya akan terus melakukan pantauan dan upaya pemadaman. “Manggala Agni siap full team untuk mendukung upaya pemadaman di Provinsi Riau,” sebut Israr kepada Riau Pos usai pantauan udara.

Lebih jauh disampaikan dia, upaya pemadaman darat gabungan telah dilakukan oleh Manggala Agni, TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat sejak 2 pekan terkahir. Kondisi bahan bakar yang kering, angin kencang dan cuaca panas menyebabkan kebakaran terus meluas.

Untuk mendukung upaya pemadaman di wilayah tersebut, hari ini, Sabtu (16/2) pihaknya akan mengerahkan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) manggala agni sebanyak 5 regu atau 75 orang personil ke titik Karhutla.

“Besok (hari ini, red) akan kami BKO-kan pasukan Manggala Agni sebanyak 5 regu. Yang berasal dari Daops Pekanbaru, Daops Siak dan Daops Rengat. Pasukan akan kami tempatkan di titik-titik penting untuk mencegah penjalaran api agar tidak terus meluas,” ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga akan mengerahkan 1 unit heli bell 412 KemenLHK untuk melaksanakan pemadaman udara atau water bombing di wilayah Rupat, Bengkalis.

Sumber : RIAUPOS GRUP