Hari Peduli Sampah Nasional, Sampah di Tugu Putri Diangkut Truk

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Kerja Bakti dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Polres Dumai dan masyarakat Kota Dumai serta Unsur pemerintah Kecamatan Dumai Timur dan Kelurahan Tanjung Palas, Rabu (20/2) sekira pukul 09.00 WIB.

Kali ini sasaran kerja bhakti berlangsung di Jalan Arifin Ahmad, Kelurahan Tanjung Palas, Dumai Timur tepatnya di depan Tugu Putri. Tumpukan sampah rumah tangga yang berserakan dipinggiran jalan tersebut, dikumpulkan menggunakan peralatan cangkul, garukan dan bahkan juga menggunakan alat berat, selanjutkan sampah yang sudah mengeluarkan bau tak sedap diangkut dengan truk dan di bawa ke tempat pembuang sampah.

Kongkowkuy

Kegiatan diawali dengan melaksanakan Apel bersama dan pembacaan Deklarasi Peduli Sampah. Dalam sambutannya, Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar SIK mengatakan, Mari sama-sama peduli terhadap sampah dan kebersihan dilingkungan. Sehingga diharapkan, setelah sampah dibersihkan pihak Kecamatan dan Kelurahan menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah lagi dan agar lebih peduli.

“Kalau bukan kita yang peduli akan sampah siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi dimulai akan kebersihan lingkungan hidup. Malu rasanya menerima Kota bersih apabila masih terdapat sampah di Kota Dumai,”ujar Waka Polres.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Bpk Satrio Wibowo AP. M.si mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Dumai dan jajarannya atas partisipasi dan pedulinya terhadap sampah yang memang masih menjadi persoalan di Kota Dumai.

“Mari kita sama-sama mengajak dan menghinbau tetangga dan masyarakat sekitar kita agar tidak lagi menggunakan sampah plastik dikarenakan plastik tersebut memerlukan waktu yang lama untuk dapat terurai dengan tanah.

Sementara itu, Lurah Tanjung Palas, Anggi Sukma Buana S. STP yang ditemui Dumai Pos di lokasi kerja bhakti mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi menjadikan Jalan Arifin Ahmad ini tempat pembuangan sampah.

“Kita juga telah sampaikan kepada RT yang ada di Kelurahan Tanjung Palas, untuk bisa menghimbau kepada seluruh warganya untuk tidak lagi membuang sampah disembarangan tempat apalagi di sepanjang Jalan Arifin Ahmad,”ujar Anggi.

Editor : BAMBANG RIO
Reporter : RIO