Telah 2.199 Orang, Warga Dumai Penderita ISPA Terbanyak

PEKANBARU (DUMAIPOSNEWS) – Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibeberapa daerah di Provinsi Riau yang menimbulkan kabut asap, telah menyebabkan 2.488 warga terkena penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada Februari ini. Yang paling banyak menderita ISPA yakni warga kota Dumai sebanyak 2.199 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yulianti Nazir Selasa (26/2/2019) mengatakan, selain ISPA beberapa penyakit yang disebabkan kabut asap dan diderita masyarakat yakni asma, iritasi kulit dan juga iritasi mata. Sedangkan penyakit pneumonia atau paru-paru basah, hingga saat ini belum ditemukan.

Kongkowkuy

“Yang paling banyak masyarakat terkena ISPA yakni kota Dumai mencapai 2.199 orang. Kemudian Kabupaten Bengkalis 247 orang dan Rokan Hilir 42 orang,” katanya.

Sedangkan untuk masyarakat yang menderita penyakit asma, berdasarkan laporan yang pihaknya terima, masyarakat yang paling banyak menderita penyakit tersebut juga di kota Dumai dengan 52 orang, Bengkalis 15 orang dan Rokan Hilir 4 . Sedangkan untuk didaerah lain, belum ada laporan masyarakat yang terkena asma.

“Untuk penyakit iritasi kulit, di Dumai ada 28 orang, Bengkalis 13 orang, Rokan Hilir 16 orang. Iritasi mata di Dumai terdapat 58 orang, Bengkalis 24 dan Rokan Hilir 8 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Marzuki mengatakan, untuk info prakiraan cuaca dan hotspot di Riau pada jadi Selasa (26/2) pada lagi hari cerah berawan. Siang – sore hari cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau.

“Untuk malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Indragiri Hilir. Untuk dini hari, potensi hujan intensitas ringan tidak merata dan bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir,” jelasnya.

Untuk suhu udara di provinsi Riau mencapai 23-33 °C dengan kelembapan udara 56 – 99 persen. Untuk angin utara – tenggara / 10 – 27 km/jam. Info tinggi gelombang untuk perairan di provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.2 – 1.0 meter.

“Hotspot update pukul 06.00 WIB Sumatera Level Confidence > 50 persen ada 25 yakni terdapat di Kepualauan Riau 1, Sumatera Utara 1 dan Riau 23. Dengan rincian Bengkalis 5, Indragiri Hilir 2, Pelalawan 8, Siak 7 dan Dumai 1,” jelasnya.
Sumber : RIAUPOS GRUP