36 Siswa SLTA Seleksi Calon Paskibra, Tingkat Provinsi dan Nasional

BENGKALIS(DUMAIPOSNEWS)– Sebanyak 36 siswa SLTA se Kabupaten Bengkalis, mulai, Kamis (28) hingga Senin (1/4) mendatang mengikuti seleksi calon anggota paskibra tingkat Propinsi Riau dan Nasional. Ke-36 siswa tersebut beraal dari seluruh kecamata se Kabupaten Bengkalis.

Ketua panitia seleksi, Poma, Kamis (28/3) mengatakan, 36 siswa tersebut berasal dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis. Para siswa tersebut akan mengikuti seleksi selama 5 hari di kota Bengkalis. Enam orang diantaranya (3 putra, 3 putri) ditambah 2 cadangan, dipilih sebagai utusan Kabupaten Bengkalis untuk calon Paskibra tingkat provinsi.

Kongkowkuy

“Di provinsi nanti, adik-adik yang terpilih dari seleksi ini akan kembali
mengikuti seleksi untuk utusan Provinsi Riau ke tingkat nasional,” ujar Poma. Selama lima hari mengikuti seleksi di Bengkalis, ada beberapa materi yang akan diujikan kepada para peserta. Antara lain, materi tentang parade (terkait dengan postur tubuh), kesehatan jasmani, kesamaptaan, kekuatan fisik, peraturan baris berbaris (PBB), psikotes, wawancara, pengetahuan umum, bahasa Inggris serta kesenian daerah.

“Beberapa kegiatan seleksi akan kita lakukan di Lapangan Makodim serta Stadion Muhammad Ali. Sedangkan untuk materi wawancara dan lainnya kita gunakan aula Hotel Surya. Selama seleksi seluruh peserta kita tempatkan di Hotel Surya,” ujar Poma lagi.

Asisten III Setkab, H Maryansyah Oemar dalam arahannya mengatakan, 36 siswa yang mengkuti seleksi paskibra tingkat provinsi dan nasional adalah orang-orang pilihan dan terbaik dari yang baik.

Bayangkan kata Maryansyah, dari sekian ribu siwa hanya 36 orang siswa yang dipilih (lolos). “Kalian adalah yang terbaik dari yang lainnya, karena kalian telah lulus seleksi dari sekian ribu siswa yang mengikuti di masing-masing kecamatan. Buktikan kalau kalian memang yang terbaik, kalian memang memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik,” ujar Maryansyah.

Bengkalis kata Maryansyah memiliki sejarah cukup manis di dunia paskibra tingkat nasional. Sejumlah anak Bengkalis berhasil menjadi anggota paskibra nasional, bahkan satu diantaranya terpilih sebagai pembawa baki bendera merah putih.

“Tahun 2010 lalu, anak Bengkalis Arty Ardila telah berhasilkan mengharumkan nama Bengkalis dikancah nasional, karena terpilih membawa baki saat peingatan 17 Agustus di Istana Negara. Dan tahun 2014, lagi-iagi anak Bengkalis Gagah Mustika Ade Muklis kembali lolos seleksi nasional. Saya tentunya berharap, tahun 2019 ini anak Bengkalis kembali mengukir prestasi di tingkat nasional,”harap Maryansyah.

Selain Asisten III, H Maryansyah Oemar, terlihat hdir Kadisbudparpora, H Anharizal M.Si serta sejumlah Kepala Bidang, turut hadir Dandim 0303 Pasi Ops, Kadis Persip, Dr H Suwarto serta sejumlah undangan lainnya.

Editor : Bambang Rio
Reporter : Taufik