Kapolres: Pelaku Merusak dan Hendak Bakar Gedung BNI

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Hasil pemeriksaan sementara terhadap pelaku Margono (43) oleh Polres Dumai, dipastikan tidak ada tindak pidana perampokan dan penyanderaan di Bank BNI.

Diduga pelaku nekat melakukan pengerusakan dan berniat hendak membakar Gedung Bank BNI, karena terobsesi terkait dengan tindakan kekerasan yang selama ini dia tonton di televisi.

Kongkowkuy

“Hasil pemeriksaan sementara kita terhadap pelaku ini, dirinya terobsesi dengan media televisi yang selama ini dia lihat, dan membuat tersangka nekat melakukan pengerusakan dan pembakaran bank BNI tersebut,” kata Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan dalam pers rilisnya, Selasa (12/03/2019).

Dikatakan Kapolres sampai saat ini pihaknya masih terus mendalami apakah ada motif lain dari tersangka yang nekat melakukan upaya pembakaran.

“Saat ini tersangka masih belum stabil sepenuhnya untuk diperiksa lebih mendalam, karena jiwanya masih emosional, ” kata Kapolres.

Namun yang jelas, dipertegas Kapolres lagi pelaku ini membuat keributan dan berniat hendak membakar gedung BNI, dan ini telah direncanakan pelaku sejak dua minggu yang lalu.

“Sesuai dengan batang bukti yang telah diamankan, seperti jerigen berisikan minyak yang telah di siramkan ke kursi serta mancis, apa upaya pelaku hendak membakar Bank BNI, namun niat pembakaran yang hendak dilakukan pelaku belum terjadi karena duluan kita lumpuhkan,”katanya Kapolres sembari menunjukan sejumlah barang bukti yang telah diamankan.

Sedangkan untuk pengerusakan, hasil dari olah TKP terlihat pelaku telah merusak sejumlah barang yang ada di dalam Bank BNI.

Menjawab wartawan, penyidik telah mengambil keterangan sejumlah saksi baik dari pihak keluarga pelaku, pihak SPBU tempat pelaku mendapatkan minyak serta dari pihak Bank BNI.

Diberitakan sebelumnya pelaku, Senin (11/3) sekira pukul 08.30 WIB tersangka nekat melakukan upaya pembakaran dan buat gaduh di Bank BNI Dumai yang berada di Jalan Jendral Sudirman.

Masuk kedalam Bank tersangka melayangkan parang yang sengaja dibawanya dan mengancam karyawan serta nasabah bank, melakukan pengrusakan dan menyiramkan minyak yang sengaja dibawa tersangka menggunakan jerigen.

Untuk upaya pembakaran yang dilakukan tersangka berhasil diamankan pihak kepolisian.

Editor : BAMBANG RIO
Reporter : RIO