74 Tahun Merdeka, Masyarakat Desa Kuala Panduk Dambakan Jaringan Komunikasi

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS) -Tidak terasa sudah 74 tahun Indonesia merdeka dari jajahan negara lain, tapi sampai sangat disayang masih ada kesejahteraan masyarakat belum merdeka. Kemajuan suatu daerah dan masyarakat haruala didukung sarana dan prasarana yang memadai. Namun, kesejahteraan yang belum didapat masyarakat dialami masyarakat Kabupaten Pelalawan yang hidup didaerah pelosok di 12 Kecamatan, dimana mereka (masyarakat) selama puluhan tahun tersebut harus susah berkomunikasi.

Dimana daerah warga yang ada dipelosok tidak jaringan telekomunikasi. Jaringan telekomunasi di Kabupaten Pelalawan sepertinya selalu menjadi permasalahan dan menjadi keluhan masyarakat setempat. Pasalnya, handphone yang merupakan sarana komunikasi utama di Kabupaten “negeri selancar dunia” ini, kerap mengalami gangguan. Kejadian ini terjadi di Kecamatan Teluk Meranti khususnya di Desa Kuala Panduk, bilamana masyarakat susah mendapatkan jaringan komunikasi. kalau mereka ingin berkomunikasi berasama sanak saudaranya, terpaksa mencari dataran tinggi mendapatkan jaringan. Permasalahan saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah untuk mengatasinyam

Kongkowkuy

” Ya, akibat sulit dan tidak adanya jaringan di Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti ini, maka banyak warga yang belum bisa menikmati kecanggihan teknologi modren. Sehingga untuk melakukan komunikasi dengan keluarga yang ada diluar daerah, mereka terpaksa harus melakukan komunikasi secara langsung atau berkunjung langsung serta harus keluar kecamatan lain. Untuk itu, kami berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas terkait (Diskominfo) serta Pemerintah pusat, dapat segera melakukan langkah – langkah bijak mengatasi permasalahan ini,” terang Kepala Desa Kuala Panduk, Tomjon kepada Dumai Pos, Kamis (30/5) kemarin.

Tidak hanya di kecamatan Teluk Meranti, kondisi serupa juga dialami warga di kecamatan Kuala Kampar. Seperti yang diungkapkan Said, warga Desa Teluk Bakau Kecamatan Kuala Kampar, bahwa sampai saat ini didesa tersebut tidak ada jaringan komunikasi seluler. Untuk itu, maka masyarakat di Kecamatan Kuala Kampar khususnya Desa Teluk Bakau, sangat mendambakan hadirnya layanan jaringan telekomunikasi dan akses internet.

” Jadi, kami berharap pemerintah dan pihak penyedia telekomunikasi dapat membantu pemasangan jaringan yang menjangkau wilayah kami. Pasalnya, tanpa adanya jaringan komunikasi, kami tidak bisa melakukan komunikasi dengan keluarga serta tidak mengetahui banyak informasi yang diperoleh melalui jaringan telekomunikasi yang tentunya juga akan berdampak terhadap kemajuan ekonomi kami,” ujarnya.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kabupaten Pelalawan Hendri MSi mengungkapkan, bahwa pihaknya menyambut baik adanya keluhan jaringan komunikasi yang dirasakan oleh masyarakat daerah pelosok. Dan tentunya keluhan ini akan disampaikan pihaknya kepada pihak operator telekomunikasi untuk memasangkan tower jaringan di sejumlah desa disetiap kecamatan, sehingga masyarakat dapat mudah berkomunikasi.

” Kita akan menindaklanjuti laporan masyarakat tentang usulan pemasangan tower jaringan serta hilang timbulnya jaringan komunikasi didaerah tersebut kepada operator Telkom serta penyedia jaringan seluler lainnya. Sehingga, kesusahan masyarakat ini dapat cepat ditanggapi demi kemudahan dalam berkomunikasi. Untuk itu, kami berharap masyarakat dapat bersabar menjelang permintaan tersebut direalisasikan,” tutupnya.

Reporter : Nanang
Editor : Bambang Rio