BNN Riau Tes Urine 49 Pilot dan Pramugari

PEKANBARU(DUMAIPOSNEWS)--Bekerjasama dengan pihak otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, melakukan uji tes urine kepada pilot, pramugari, dan awak kabin seluruh maskapai yang beroperasi di sana.

Kegiatan ini, kata Kabid Pemberantasan dan Penindakan BNNP Riau, AKBP Haldun bertujuan meningkatkan keselamatan, bagi penumpang pesawat yang beroperasi di SSK II Pekanbaru.

Kongkowkuy

Tema kegiatan ini, yakni Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau melakukan rangkaian pelaksanaan Pra HANI 2019 melalui kegiatan razia di bandara dan tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya penyalahgunaan narkotika.

”Kegiatan ini dilaksanakan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan cargo bandara, dengan sasaran para pilot dan pramugari. Razia yang kita gelar hari ini mulai pukul 05.00 WIB dan baru berakhir pukul 15.30 WIB,” kata AKBP Haldun, Rabu (29/5/2019).

Selain itu, sebut Haldun, ia bersama Kabag Umum dan Kabid Rehabilitasi beserta personil BNNP Riau datang ke bandara sejak pagi dan melaksanakan pemeriksaan urine terhadap pilot dan awak kabin serta pemeriksaan cargo bandara.

Seluruh pilot dan pramugari yang dilakukan tes, berjumlah 49 orang. ”Hasilnya nihil, mereka bersih dari narkoba,” ungkap Haldun.

Pilot yang tes urine, dilakukan terhadap beberapa maskapai penerbangan di antaranya pilot dari Lion Air, Citilink, Batik Air, Wings Air, Susi Air dan pesawat jet sewaan.

Pihak bandara, sebut Haldun, merespon baik pihak Managerial PT Angkasa Pura II Pekanbaru dengan sasaran para pilot dan awak kabin.

Dalam kegiatan ini BNNP Riau juga mengerahkan unit K-9 (anjing pelacak) untuk melaksanakan pemeriksaan cargo bandara dan barang bawaan penumpang pesawat yang telah melewati pemeriksaan x-ray sebelum dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

”Dari pemeriksaan yang menggunakan unit K-9 anjing pelacak tersebut tidak ditemukan barang yqng diduga narkotika,” ujar Haldun.

Sumber : RPG