Dumai Tanam Bibit Durian Tembaga di Apeksi

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) – Walikota Dumai H Zulkifli A’s beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV tahun 2019 selama tiga hari mulai 3-5 Juli 2019 di Kota Semarang.

Tema besar Rakernas Apeksi 2019 ini adalah penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah guna mendukung kemandirian daerah dalam rangka mengimplementasi pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

Kongkowkuy

Bersama puluhan Wali Kota Anggota Apeksi, Pemerintah Kota Dumai melakukan penanaman pohon, dalam rangkaian kegiatan Apeksi hari kedua, Kamis (4/7/2019) pagi, di Hutan Wisata Tinjomoyo, Semarang.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Airin Rachmi Diany mengatakan, aksi penanaman pohon merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam setiap pelaksanaan Rapat Kerja Apeksi dan diharapkan dapat terus berjalan guna merawat serta menjaga kelestarian lingkungan.

“Saya titip supaya bisa ditanam pohon khas masing-masing wilayahnya di sini, di Semarang. Mudah-mudahan sepuluh tahun yang akan datang kita bisa kembali lagi di sini,” ujar Airin.

Sementara Walikota Dumai diwakili kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hadiono, melakukan penanaman pohon sempena rapat Apeksi se Indonesia di Semarang ini.

Pemerintah Kota Dumai memilih untuk menanam pohon Durian Tembaga, Pelintung karena Durian Tembaga merupakan salah satu pohon yang menghasilkan buah yang merupakan ciri khas dari Kota Dumai itu sendiri.

“Pada kegiatan kali ini kita menanam dua pokok durian tembaga yang merupakan tanaman yang menjadi icon bagi Kota Dumai dan setiap kegiatan Apeksi kita selalu menanam pokok durian tembaga ini,” ujar Hadiono.

Diharapkan dengan penanaman pohon durian ini, baik warga Semarang maupun yang hadir dalam kegiatan ini tahu dengan pokok durian dan ketika dating ke Dumai mereka sudah tahu yang mana pokok durian tembaga yang merupakan iconnya Kota Dumai,” kata Hadiono.

Sementara itu Walikota Dumai H. Zulkifli As yang berhalangan hadir dalam kegiatan penanaman pohon karena harus mewakili pemerintah Kota Dumai dalam kegiatan penganugerahan Kampung KB mengatakan Apeksi ini merupakan kegiatan tahunan dari pemerintah Kota se- Indonesia.

Reporter  : Miswanto