LPMK Dituntut Proaktif, Camat Kukuhkan LPMK Se Kecamatan Dumai Timur

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)— Penggurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan ( LPMK ) Se kecamatan Dumai Timur resmi dikukuhkan. Pengukuhan Ketua dan Penggurus LPMK langsung lakukan oleh Camat Dumai Timur Irawan Sukma, Senin (8/7) kemaren.

Proses pengukuhan turut disaksikan Walikota Dumai Zulkifli As, para Lurah Se Kecamatan Dumai Timur, Perusahaan, RT, Kader dan tamu undangan lainnya yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Dumai Timur Jalan Putri Tujuh.

Kongkowkuy

Usai pengukuhan Camat Dumai Timur Irawan Sukma mengatakan, pengukuhan pengurus LPMK tersebut merupakan salah satu dinamika keorganisasian Kota Dumai. Yang mana LPMK sebagai organisasi yang berada di kelurahan memiliki peran sangat strategis dalam membantu program pemerintah demi kepentingan masyarakat.

Karena itu, perlu dikembangkan secara berkelanjutan peran dan fungsinya. LPMK sebagai lembaga sosial kemasyarakatan yang mewadahi aspirasi masyarakat, diberi kepercayaan melaksanakan fungsinya terhadap proses pembangunan.

Apalagi LPMK yang dilantik merupakan hasil pemilihan secara langsung sesuai dengan amanah yang ada di Perda Kota Dumai no 4 tahun 2007 bahwa LPMK itu dipilih oleh masyarakat sendiri.

” LPMK merupakan mitra kerja pemerintah dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota dan sebagai LPMK harus siap menerima aspirasi masyarakat untuk di sampaikan ke kecamatan maupun kota.”

LPMK juga harus energik dalam mewujudkan pembangunan daerah dengan menjemput bola pada dinas terkait demi terwujudnya pembangunan.Lpmk juga harus bisa menjalin kerjasama dengan seluruh stakholder yang ada baik itu RT, kader posyandu dan organisasi yang ada di wilayah kelurahan.

Dengan diberi amanah selama 3 tahun diharapkan LPMK dapat bertanggung jawab, serta menampung segala aspirasi masyarakat dan disampaikan kepada stake holder bersangkutan, karena LPMK dibentuk untuk kepentingan masyarakat.

Camat juga berharap bisa mewujudkan pembangunan di masing-masing kelurahan, baik melalui swadaya masyarakat maupun pembangunan yang bersumber dari dana APBD Dumai

Hal senada disampaikan Walikota Dumai Zulkifli As, yang meminta agar kedepannya LPMK terpilih bisa menjalin kerja sama yang baik dengan kelurahan kecamatan dan seluruh unsur terkait yang ada di kelurahan kecamatan hingga tingkat kota.

Walikota yakin kedepannya, LPMK terpilih mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta mengemban amanah sehingga proses pembangunan dikelurahan bisa berjalan dengan baik serta tepat sasaran.

” Selamat kepada seluruh penggurus LPMK Se Kecamatan Dumai Timur, semoga bisa mengemban amanah dengan baik serta bisa menjadi perpanjangan tangan untuk kepentingan masyarakat. Sebab persoalan yang dihadapi tengah masyarakat begitu banyak seperti lingkungan ,kesehatan dan lainnya yang harus ditangani dan diselesaikan .” tutupnya.

Reporter : Devi
Editor : Bambang Rio