Prestasi Tingkat Nasional, Kota Dumai Meraih Pakarti Utama II

BANJARMASIN(DUMAIPOSNEWS) – Kota Dumai kembali mengukir prestasi tingkat nasional.  Melalui Kampung KB Keberkahan Bersama RT 3 Kelurahan Laksemana Kecamatan Dumai Kota berhasil menyabet Pakarti Utama II Kategori Kota pada Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) Tahun 2019.

Untuk pakarti Utama I diraih Kelurahan Kembangan Utara Kecamatan Kembangan Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta. Sementara Pakarti Utama III diraih Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia Kota Medan Sumatera Utara.

Kongkowkuy

Penghargaan Pakarti Utama itu diserahkan oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pusat Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo kepada Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Haslinar Zul As pada rangkaian acara puncak Hari Keluarga Nasional ke XXVI yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru Propinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (4/7).

Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Zulkifli As  mengaku bangga bisa menerima penghargaan Pakarti Utama II dari Ketua Umum TP PKK dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo. “Ini bukan hanya kebanggan warga Kampung KB Keberkahan Bersama, tapi juga kebanggaan masyarakat Kota Dumai,” katanya.

Ia berharap apa yang dicapai kelurahan laksemana ini menjadi motivasi bagi kelurahan lain. Perlu sinergitas antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat dan berkualitas.

Kadis Pengendalian Penduduk dab Keluarga Berencana Kota Dumai, Yusrizal menyebut terpilihnya Kampung KB Keberkahan Bersama karena beberapa indikator. “Diantaranya  program budaya hidup bersih sehat, pos pelayanan terpadu, lingkungan bersih sehat dan keluarga berencana,” ujar Yusrizal.

Kelurahan Laksamana dicanangkan menjadi kampung KB sejak Agustus 2017 dan berhasil juara tingkat kota dan Provinsi Riau. Pembentukannya tidak saja fokus pada pelayanan keluarga berencana, namun juga keterlibatan masyarakat melalui kader militan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

(rls)