Warga Dengar Ledakan, Motor dan Empat Ruko Terbakar

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Kebakaran rumah toko (Ruko) terjadi di kawasan perniagaan Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Sukajadi, Dumai Kota, Jumat (05/07) sekira pukul 14.15 WIB.

Dalam musibah kebakaran tersebut menyebatkan empat rumah toko terbakar dua diantaranya kondisi parah yakni ruko yang ditempati oleh salah satu keluarga yang diduga merupakan sumber dari api toko Montana merupakan toko penjual suku cadang mobil.
Sedangkan dua ruko lain yakni Biro Perjalanan Haji dan Umroh Silver Silk hanya mengalami kaca pecah pada bagian depan dan dinding terbakar, sementara itu Kedai Kopi DoReMi lantai dua ludes terbakar sedangkan tempat usaha dilantai dasar tak ada sedikitpun tersulut api.
Tiga ruko yang terbakar merupakan bangunan lama namun masih dimanfaatkan untuk kegiatan membuka usaha.

Kongkowkuy

Informasi dilapangan, sumber api diduga dari ruko yang dihuni oleh seseorang bersebelahan dengan kedai kopi DoReMi serta Toko Montana. Saat banguan mengeluarkan kobaran api, warga mendengar adanya satu kali ledakan berasal dari dalam.

Sementara di ruko tersebut ditemukan satu uni kendaraan sepeda motor ludes terbakar berada di lantai dasar dibagian tengah. Sementara Toko Montana untuk memadamkan kobaran api para petugas pemadam kebakaran dari PT Pertamina RU II Dumai, Damkar Pemko Dumai dibantu oleh sejumlah mobil air bersih serta turun petugas Kodim 0320 Dumai dan Kepolisian dan Lanal Dumai membantu proses pemadaman.

“Api agak sulit di padamkan sebab, Toko Montana menjual oli serta berbagai minyak dan suku cadang mudah terbakar. Namun berkat kerjakeras petugas api berhasil dipadamkan setelah bertungkus lumus selama satu setengah jam,”ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai H Afrilagan SH.

Sementara pemiliki Kedai Kopi DoReMi Ahen mengungkapkan kebakaran terjadi sekitar pukul 14.15 WIB. Ketika itu dirinya diteriaki ada api dari rumah toko (Ruko) sebelah.

Ketika keluar api sudah mulai membesar,”Saya langsung memanggil istri dan seluruh yang ada di warung supaya keluar,”ujarnya menjawab wartawan ketika melihat warung kopi tempat usahanya. Dilapangan turut terlihat Dandim 0320 Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, serta Kapolsek Dumai KotA.

Reporter  : Miswanto