Masyarakat Dumai Gelar Salat Minta Hujan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Hal yang ditakutkan seluruh lapisan masyarakat Kota Dumai setiap tahunnya mulai melanda. Tidak lain yaitu musim kemarau yang dikhawatirkan memicu terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

Musim kemarau merupakan agenda tahunan, namun sejalan dengan itu menjadi agenda tahunan terjadinya Karhutla khususnya di Kota Dumai. Bentuk antisipasi berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, termasuk sholat istisqo atau sholat minta hujan juga dilakukan.

Kongkowkuy

Seperti pelaksanaan sholat istisqo bersama Polri, TNI, dan Pemko beserta seluruh elemen masyarakat se-Kecamatan Dumai Kota, di Lapangan Tenis Kecamatan Dumai Kota, Senin (12/8) pagi.

Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggola melalui Kapolsek Dumai Kota Iptu Hardiyanto menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda, elemen masyarakat, Tomas, Toda dan Toga Kecamatan Dumai Kota yang ikut serta dalam pelaksanaan Sholat Istisqo ini.

“Sholat Istisqo ini kita laksanakan untuk memohon doa kepada Allah SWT sang maha pencipta untuk berserah diri dan meminta hujan mengingat belakangan ini fenomena musim kemarau yang cukup panas memicu terjadinya Karhutla di beberapa lokasi wilayah kota dan Kabupaten Provinsi Riau khususnya Kota Dumai,” ujar Iptu Hardiyanto dalam sambutannya.

Menurutnya, pelaksanaan sholat istisqo ini dilaksanakan serentak diseluruh jajaran sesuai instruksi Kapolri dalam mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama berdoa minta turunnya hujan di wilayah masing-masing.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama intropeksi diri atas kesalahan yang kita perbuatan. Mengingat cobaan ini terjadinya merupakan ulah kita semua. Maka dari itu dalam kesempatan ini kita ikhlaskan hati meminta bantuan melalui doa agar musim kemarau ini cepat berlalu,” harapnya.

Pantauan dilapangan, sholat istisqo juga dilakukan dijajaran Polres Dumai, seperti Polsek Bukit Kapur, Dumai Barat, Dumai Timur, Medang Kampai, Sungai Sembilan dan lainnya yang ikut bersama-sama menadahkan tangan minta kepada sang khalik untuk diturunkan hujan ketika kemarau mulai melanda.(ras)

Penulis   : Rian

Editor     : Yon