Pemkab Pelalawan Bangun Pelabuhan Penumpang di Desa Sokoi

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS) -Untuk memudahkan akses transportasi daerah sungai dan laut (perairan) bagi masyarakat kabupaten Pelalawan terutama masyarakat Kabupaten Pelalawan khususnya Kecamatan Kuala Kampar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan tahun 2019 ini membangun pelabuhan penumpang di Desa Sokoi, Kecamatan Kuala Kampar. Pembangunannya dianggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

” Ya, kita tahun ini membangunan pelabuhan penumpang di Desa Sokoi, Kecamatab Kuala Kampar dan pembangunan sudah mulai dikerjakan.  Pelabuhan penumpang tersebut dibangunan menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,8 Milyar dilahan seluas 10 hektare dan lahan tersebut merupakan hibah dari masyarakat setempat,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan Drs H Syafruddin kepada Dumai Pos, Senin (12/8) siang kemarin dikantor Bupati Pelalawan.

Kongkowkuy

Syafruddin juga mengatakan, bahwa pengerjaan oembangunan pelabuhan tersebut, pihaknya menargetkan akan selesai tahun ini dan tahun depan atau 2020 mendatang sudah bisa dioperasikan.

” Pelabuhan dibangun melalui anggaran DAK pusat. Selain pelabuhan penumpang di Desa Sokoi, kita akan membangunan pelabuhan peti, pebuhan roro dan pelabuhan angkutan Crude Palm Oil (CPO),”ujar mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan.

Syafruddin menambahkan, bahwa untuk pembangunan pelabuhan peti kemas, pelabuhan roro dan pelabuhan cpo akan dibangun dalan jangka panjang. Dimana saat ini Pemkab Pelalawan lagi konsultasi ke Pemerintahan Pusat untuk mendapat persetujuan. Semoga pengajuan ini dapat direspon baik dari Pemerintah Pusat nantinya.(naz)