Antisipasi Karlahut, Bupati Serahkan 74 Unit Sepeda Motor ke Penghulu

UJUNGTANJUNG (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) sekaligus memudahkan akses, untuk itu pemerintah kabupaten Rokan Hilir menyerahkan  74 unit sepeda motor jenis Trail Honda CRF kepada Datuk Penghulu.
Dimana seluruh sepeda motor tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno di halaman Mapolres Rokan Hilir, Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih pada Jumat (27/12) hari ini.
Dalam sambutannya Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno menekankan beberapa poin kepada para Datuk Penghulu yang menerima bantuan sepeda motor tersebut.
Salah satunya agar sepeda motor digunakan dengan sebaik-baiknya, dan harus membayar pajak tahunan dengan menganggarkan dananya. Selain itu, apabila penghulu menerima laporan Karlahut agar segera mengecek TKP yang dimaksud.
” Dan para penghulu agar berdoa supaya di kepenghulannya tidak terjadi apa-apa dan bisa melaksanakan natal dan tahun baru dengan lancar,” kata Suyatno.
Hal ini, lanjut Bupati setiap musim kemarau tiba pasti selalu terjadi kebakaran lahan. ” Artinya, dengan adanya sarana berupa kendaraan tersebut maka diharapkan karlahut pada tahun 2020 mendatang dapat diantisipasi dengan cepat, terutama para Penghulu,” terang Suyatno kembali.
Disamping itu Bupati juga kembali menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak melakukan aksi pembersihan lahan dengan cara membakar.
” Jika memang ditemukan, maka kita minta pihak kepolisian untuk menindak dan menangkap para pelakunya. Dan oleh karena itu disetiap kesempatan saya selalu memghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak lagi membakar lahan ketika musim kemarau, ” harap Suyatno. (min)
Editor : Bambang Rio