Belum Hilang Lelah Mengguras Air, Rumah Kembali Terendam

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)— Belum hilang lelah mengguras air karena banjir , Kamis pagi pemukiman warga kembali terendam banjir karena hujan lebat yang mengguyur kota Dumai.

Pantauan Dumai Pos, dalam beberapa hari belakangan ini Kota Dumai diguyur hujan lebat akibatnya ratusan rumah warga dibeberapa Kelurahan bahkan jalan protokol terendam banjir.

Kongkowkuy

Sebagian besar pemukiman warga yang tinggal Kelurahan Bintan , Kelurahan Sukajadi, Rimba Sekampung, Dumai Kota ,Buluh Kasap, dan beberapa kelurahan lainnya terendam banjir.Belum lagi beberapa jalan Protokol seperti Jalan Sudirman ,Sultan syarif Kasim, Hasnuddin dan titik lainnya.

Ketinggian air mencapai sebetis orang dewasa ,tak jarang sepeda motor yang melintas kerap mogok karena terendam banjir. Salahsatu Warga Ami mengatakan Rabu Pagi air mulai masuk kedalam rumah sejak pukul 07.30 WIB , dan kamis air juga kembali merendam rumah tetapi air nya tidak sedalam yang kemaren.

Dan alhamdullilah air cepat surut sehingga rumah tidak terendam terlalu lama. Fenomena banjir memang masih menghantui masyarakat Dumai namun tidak terlalu parah seperti beberapa tahun sebelumnya.

Sebab pemerintah telah melakukan pembersihan drainase secara bertahap.Diharapkan proses pembersihan dapat berlanjut dan rutin dilakukan setiap tahun untuk mengangkat sentiment lumpur yang mengendap.

Disamping itu diharapkan saluran drainase yang tidak berfungsi supaya diperhatikan kembali, sebab banyak saluran drainase berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah. Ami sangat berharap rumahnya tidak lagi terendam banjit saat hujan lebat mengguyur Dumai.

Di Kelurahan Jaya Mukti, air sempat menggenangi Jalan Kesuma. Walau telah dibangun drenase dipinggiran Jalan Kesuma, namun tidak menjamin air tidak banjir.”Padahal ada bangunan dfrenase yang baru saja selesai, tapi tetap saja banjir seperti kemarin-kemarin,”ujar warga Kelurahan Jaya Mukti. (dev)

Editor : Bambang Rio