Pemkab Pelalawan Jadikan Kecamatan Kuala Kampar Pusat Agrowisata

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan ingin menjadikan setiap desa yang terletak di Kecamatan Kuala Kampar menjadi pusat agrowisata. Alasan Pemkab memilihi kecamatan  yang terletak paling ujung Kabupaten Pelalawan atau daerah pesisir, karena memiliki iklim dan pemandangan alam yang indah sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi daerah ini.
” Ya, kita akan menjadikan Kecamatan Kuala Kampar menjadi pusat agrowisata. Untuk saat ini, setiap desa dan kelurahan yang terdapat dikecamatan paling pelosok Kabupaten Pelalawan sudah terdapat tanaman yakni padi dan kelapa,”terang Bupati Pelalawan HM Harris kepada Dumai Pos, Senin (6/1) hari ini, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) selama tiga hari di Kecamatan Kuala Kampar.
Dilanjutkan  mantan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan ini, bahwa dirinya sudah mengintruksikan setiap kepala desa dan lurah, untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan agrowisata. Setiap desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan tersebut sangatlah potensial untuk berbagai jenis penanaman tanaman keras dan tanaman lunak seperti padi, pinang dan kelapa, karena masih banyaknya lahan kosong yang tersedia.
” Dengan upaya ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, karena selain menjadi pusat agrowisata juga dijadikan tempat pelestarian alam. Kiat berharap dengan dipilihnya Kecamatan Kuala Kampar menjadi daerah agrowisata mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana didaerah tersebut, kalau dibangunan melalui anggaran pendapatan dan belanja (APBD) kita tida mencukupi,”ujarnya.
Berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), Bupati yang sudah menjabat dua periode ini mengimbau para kepala desa dan luurah untuk selalu mendorong masyarakat sekitar agar mau aktif dalam bidang kesehatan dan pendidikan supaya dapat menjadi bidan, perawat, dokter dan guru, dengan dukungan dari pemerintah. (Naz)
Editor : Bambang Rio