Baznas Bengkalis Akan Salurkan Zakat Dampak Copid-19

BENGKALIS ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Wabah Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia telah menimbulkan persoalan berbagai aspek, tidak hanya dampak virus itu sendiri yakni persoalan kesehatan, ketersediaan APD dan lainnya, tapi juga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dapat terlihat dengan semakin melemahnya pergerakan pasar, dan pendapatan masyarakat terlebih bagi masyarakat tidak mampu yakni masyarakat miskin dan masyarakat rentan miskin.

Kongkowkuy

Sebagai bentuk rasa keprihatinan dengan maksud membantu agar mereka yang terkena dampak Covid-19 ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis berencana mengagendakan Pendistribusian zakat dampak Covid-19 di Kabupaten Bengkalis.

Ketua BAZNAS Ustadz H Ali Ambar LC M.PdI di dampingi Wakil Ketua III Suhaili Bidang Keuangan dan Arwani S.Ag (Kepala Unit Pelaksana) menyampaikan rencana pendistribusian zakat tersebut kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Hj Umi Kalsum, Senin (6/4) lalu.

Kepada Hj Umi Kalsum Ketua Baznas juga menyampaikan bahwasanya dana Zakat hingga sampai saat ini masih terkumpul Rp.600.000.000 dan jauh dibandingkan Kabupaten lainya.

“Namun begitu, Insyaallah, dana yang ada ini aka kami salurkan. Sesuai rencana akam kami salurkam ada awal Ramadhan nanti,” ujar Ali Ambar.

Diakui, virus corona yang sedang mewabah ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,” Dalam kondisi seperti ini, Baznas harus hadir di tengah masyarakat, terutama mereka yang memang berhak untuk menerimanya,” ujar Ambar lagi.

Terkait hal tersebut, H Umi Kalsum menyambut baik rencana Baznas Kabupaten Bengkalis. Menurutnya, hampir semua lini ekonomi masyarakat terjejas atau terdampak akibat mewabahnya virus corona.

“Seberapapun yang bisa kita salurkan untuk mereka yang membutuhkan, saat ini sangat-sangat besar manfaatnya. Karena kita tahu, seperti apa kondisi ekonomi masyarakat saat ini,” ujar Umi.

Umi juga berpesan kepada pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis untuk tidak pernah bosan, berpatah semangat untuk terus mengajak kaum muslimin mengelauarkan zakat. (auf)