BPBD Deteksi 1 Hektar Titik Panas di Bagan Keladi

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai Afrilagan mengatakan untuk saat ini Dumai tidak ditemukan titik api akan tetapi hanya tersisa satu titik asap di area Bagan Keladi Jalan Karya Bhakti Kecamatan Sungai Sembilan.

Untuk menanggani titik asap tersebut petugas gabungan terus melakukan pemadaman dan pendinginan lanjutan di lokasi Karlahut seluas 1 Hektar itu agar bara api dari bawah tanah betul-betul padam.

Kongkowkuy

“Kalau lahan gambut yang terbakar dari lahan atas seolah-olah sudah padam namun dibagian bawah tanah masih terdapat bara api yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan api jika tidak benar-benar dipadamkan,” ujar Aprilagan

Apalagi dalam beberapa hari ini, Dumai dalam kondisi cuaca sangat panas sehingga area Jalan Karya Bhakti, Kelurahan Bagan Keladi terus dalam pemantauan petugas dengan melakukan pemadaman dan pendinginan lanjutan.

“Dengan ada pendinginan ini tidak serta merta asap itu hilang. Aprilagan berharap masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran secara sengaja ataupun membuang puntung rokok dan sebagainya yang dapat menyebabkan kebakaran lahan.

“Mari kita semua sama-sama menjaga agar terhindar dari bencana karlahut ini. Apalagi saat ini kita sedang diterpa wabah Covid 19 Saya mengajak agar kita menjaga agar tidak ada lagi lahan yang terbakar di Wilayah Kota Dumai,” imbaunya.(dev)

Editor : Bambang Rio