Lima Orang Terkait Pertemuan Nakes Teladan Kota Dumai Positif Covid – 19

DUMAI (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Lima orang terkait Pertemuan Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan Kota Dumai 2020 dinyatakan terkonfirmasi positif Covid – 19. Mereka terdiri dari dokter, perawat puskesmas dan staf administrasi puskesmas dilingkungan Dinas Kesehatan Kota Dumai..

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai dr. H Syaiful, Rabu (29/04/2020) mengungkapkan bahwa sehari sebelumnya jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Dumai bertambah satu orang. Dengan demikian, saat ini total ada 10 kasus terkonfirmasi positif Covid – 19 di Kota Dumai.

Kongkowkuy

Penambahan satu pasien ini, kata Syaiful, masih terkait Pertemuan Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan di Dumai. “Berinisial S berusia 32 tahun. Pasien yang sehari-hari merupakan tenaga kesehatan di salah satu puskesmas,” kata terang Syaiful.

Menurut Syaiful, pasien S merupakan hasil penelusuran kontak erat dengan salah seorang yang termasuk dalam klaster Pertemuan Nakes Teladan di Dumai berinisial NU. Kebetulan keduanya bekerja dalam satu tempat yang sama.

Kata Syaiful, saat ketemu ada yang positif, pihaknya langsung melakukan tracking dan skrining di Puskesmas. Ketemu ada yang positif rapid test. Langsung dtetapkan PDP dan diisolasi.

“Kasus ini termasuk juga OTG dan dia sangat terkejut kalau dia ternyata positif. Selanjutnya tentu orang-orang yang dekat dengannya dilakukan skrinning,” kata Syaiful.

Catatan Dumai Pos, sebelum Pasien 10, ada empat orang yang tertular terkait pertemuan Nakes Teladadan tersebut. Keempatnya merupakan tenaga medis. Terdiri dari 3 dokter dan 1 perawat.

Kempat tenaga medis itu masing-masing paisen 03 berinial ME (44) staf Dinas Kesehatan Kota Dumai, pasien 07 berinisial NU (34) kepala salah satu Puskesmas, Pasien 08 berinisial RR (37) perawat di salah satu puskesmas dan pasien 09 berinisal T (28) dokter di salah satu puskesmas.

Terkait tracking lanjutan terhadap pertemuan Nakes Teladan ini, Syaiful memperkirakan masih ada tambahan lagi. Karena berdasarkan rapid test, ada yang positif. (amb)