PDP Covid – 19 di Dumai Bertambah 2 Orang

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Data perkembangan virus corona (Covid-19) di Kota Dumai mengungkapkan, hingga Sabtu (11/04/2020), pasien terkonfirmasi positif masih 1 orang. Untuk status pasien dalam pemantauan (PDP) Bertambah 2 orang.

“Total PDP selurunya hingga tadi malam (Jumat 11/04/2020) berjumlah 27 orang. Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya, 2 meninggal dam 12 sembuh. Saat ini ada ada 13 PDP. Ada penambahan dua pasien,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid – 19 Kota Dumai, dr H Syaiful didampingi Kabid IKP Diskominfo Muhammad Saddam kepada Dumai Pos, Sabtu (11/04/2020)

Kongkowkuy

Satu dari dua PDP yang dirawat tersebut telah diambil sampel darah untuk rapid test. Hasil test menunjukkan negatif. Namun karena ada gejala dan faktor resiko perjalanan dari luar kota, sehingga tim medis memutuskan masuk dalam PDP dan diisolasi di RSUD Dumai..

“Hasil rapid test pertama menunjukkan negatif. Namun karena ada gejala dan baru saja dari luar kota, tim memutuskan untuk dirawat dan masuk kategori PDP,” jelas Syaiful.

Dengan adanya PDP negatif Rapid Test ini, Syaiful menjelaskan bahwa hasil rapid test bukan patokan utama untuk menentukan seseorang terpapar Covid – 19 atau bukan. Karena hasil rapid test bisa negatif atau positif.

“Memastikannya tetap melalui swab. Meskipun hasilnya baru akan diketahui sekitar 10 hari,” papar Syaiful seraya mengajak warga Kota Dumai untuk mematuhi ptotokol penanggulangan Covid – 19.

Terkait pasien positif 01, Syaiful menjelaskan kondisinya saat ini terus membaik. Kondisi kesehatannya sudah di atas 90 persen. “Tinggal menunggu hasil swab lanjutan. Jika dua kali negatif, sudah bisa dipulangkan,” katanya lagi.

Sementara itu jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Dumai terus bertambah. Hingga Sabtu (11/04/2020) pukul 13.30 WIB berjumlah 625 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 161 orang selesai dilakukan pemantauan. (amb)

Editor  : Bambang Rio