Polres Pelalawan Gelar Simulasi Tactical Floor Game

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Guna menghadapi serta mengantisipasi aksi kerusuhan maupun penjarahan di tengah masyarakat akibat penyebaran Corona virus desease (Covid-19), Polisi Resort (Polres) Pelalawan laksanakan simulasi Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Simpamkota penanganan Pandemi Covid-19. Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Pelalawan AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK dan dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris bertempat di Aula Teluk Meranti, Jumat (17/4).

Demikian disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK mengatakan, bahwa simulasi TFG sebagai bentuk kesiapsiagaan personil dalam menghadapi pandemi wabah Covid-19 yang melanda di seluruh negara, termasuk Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Pelalawan.

Kongkowkuy

” TFG adalah sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan unsur-unsur pelaku atau orang melalui sebuah peta yang di letakkan di peta. Adapun maksud dan tujuan TFG ini merupakan untuk penyamaan persepsi cara bertindak anggota dilapangan,” terangnya.

AKBP Muhammad Hasyim juga mengatakan, bahwa berkaitan dengan hal tersebut dampak pandemi virus corona ini perlu penanganan secara bersama, sinergitas antara TNI/Polri serta unsur Pemerintah yang mana pandemi ini akan menyebabkan konflik sosial khususnya di wilayah Kabupaten Pelalawan. Apabila ada perubahan situasi kontijensi secara cepat terjadi di wilayah Kabupaten Pelalawan, Polres Pelalawan selaku pihak pengamanan sudah siap dalam penanganan atau cara bertindak dilapangan dan dapat diantisipasi sedini mungkin.

” Melalui Sispamkota, kita membahas berbagai strategi langkah yang harus dilakukan bersama apa bila terjadi situasi kontinjensi terhadap kondusifitas. Tactical Floor Game sangat penting agar semuanya memahami penanganannya,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris menambahkan, bahwa dirinya sangat mendukung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Polres Pelalawan. Untuk itu juga, dirinya mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak panik.

” Kami akan bekerja secara ekstra melindungi masyarakat Kabupaten Pelalawan dari penyebaran wabah Virus Covid-19. Oleh karena itu masyarakat harus ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Usai memberikan arahan oleh Kapolres Pelalawan, pelaksanaan Tactical Floor Game dengan contoh simulasi penanganan penjarahan oleh warga di salah satu pusat perbelanjaan. Dalam simulasi ini,  pemaparan dan petunjuk dari masing masing fungsi di jajaran Polres Pelalawan dalam menangani situasi, bantuan terkait cara bertindak anggota dilapangan dari masing masing pungsi dalam rangka simpamkota terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Pelalawan. (naz)