TP PKK Dumai Gerakan Donasi Seribu Masker, PD BKMT Serahkan Paket Sembako

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Menyikapi kelangkaan masker ditengah pandemi Virus Covid-19, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Dumai Hj Haslinar Zulkifli As MSi menggagas gerakan seribu masker kain untuk Kota Dumai.

Gerakan donasi seribu masker diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Dumai Hj Haslinar SSos MSi kepada Camat se-Kota Dumai. Aksi kepedulian sosial juga dilakukan jajaran kepengurusan PD Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Dumai melalui bantuan 110 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 khususnya bapak-ibu guru ngaji dan kaum dhuafa, yang diserahkan oleh Ketua PD BKMT Kota Dumai Hj Haslinar SSos MSi.
Turut didampingi Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, Plt Kadis Kesehatan H Syahrinaldi SSos MSi, Kepala BNPB H Afrilagan SH dan Kadis Sosial Hasan Basri Skom pada Rabu (15/4) di Gedung Media Center. Hadir Kadis PPPA Hj Dameria SKM MSi, Wakil Ketua TP PKK Hj Gina Martiah, Camat se-Kota Dumai, Ketua TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kelurahan se-Kota Dumai, pengurus TP PKK Kota dan pengurus PD BKMT Kota Dumai serta warga penerima bantuan.

Kongkowkuy

Ketua TP PKK dan Ketua PD BKMT Kota Dumai, Hj Haslinar SSos MSi mengatakan gagasan gerakan donasi seribu masker mengingat masih banyak warga yang tidak bisa mendapatkan masker lantaran stoknya terbatas dan sekalipun ada harganya mahal. Tambah lagi sejumlah warga belum juga paham kegunaan masker untuk mencegah percikan droplet dari orang yang bersin atau batuk masuk kedalam mulut dan hidung. Gerakan donasi seribu masker ini banyak yang terlibat dalam gerakan ini, TP PKK Kota sebagai inisiator melibatkan TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kelurahan serta berbagai pihak lainnya yang sangat peduli dalam gerakan ini.

”Alhamdulillah, TP PKK dan PD BKMT ikut bersama berpartisipasi wujud kepedulian sosial dalam upaya mendukung program pemerintah bagaimana Kota Dumai yang kita cintai ini dapat menghadapi wabah Virus Corona ini. Masker dibuat secara mandiri oleh Tim Penggerak PKK KOta bergotong-royong bersama TP PKK Kecamatan dan Kelurahan untuk dibagikan ke tujuh kecamatan se-Kota Dumai dan semoga apa yang kita perbuat mendapat ridho Allah SWT,” ujar Haslinar.

Istri Walikota Dumai yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Dumai ini menambahkan upaya saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah mencegah dan mematuhi imbauan pemerintah, baik orang sakit ataupun tidak sakit diharapkan tetap memakai masker.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menyampaikan apresiasi atas gerakan donasi seribu masker oleh Tim PKK Kota Dumai serta gerakan donasi paket sembako untuk guru ngaji dan kaum dhuafa ditengah persoalan Covid-19 yang melanda.

”Saya sangat mengapresiasi langkah ibu-ibu ini atas kepeduliannya yang luar biasa. Data terkini perkembangan Covid-19 di Kota Dumai per hari ini angkanya cenderung meningkat sudah 829 ODP, 32 PDP sedang dirawat 18 dan sudah sembuh 12 yang positif 1. Ya, terlihat ada kecenderungan naik dan angka ini cukup besar sehingga harus menjadi perhatian kita bersama bagaimana upaya menangani virus corona yang tengah mewabah karena masih banyak warga yang belum paham padahal ini masalah serius,” ujarnya.

Lebih jauh, Walikota mengimbau masyarakat lebih peduli terhadap pandemi Covid-19 ini karena jika tidak dicegah maka berbagai persoalan akan bermunculan. Bayangkan saja, untuk satu positif saja memerlukan 10 sampai 15 juta per hari karena baju perawat dan dokter, makan minum serta biaya diinapkan yang tidak sedikit.

”Covid-19 itu obatnya jangan keluar rumah, gunakan masker dan selalu mencuci tangan. Hanya memang kita sulit mengedukasikan ke masyarakat jadi susah untuk memutuskan rantai pandemi virus corona karena harus mengubah kebiasaan dan cara hidup. Pemerintah terus mengedukasi ini ke masyarakat dan bukan menakut-nakuti, kenapa masker dianjurkan saat ini karena memang kondisinya sangat luar biasa. Saya harapkan kerjasama dan dukungan seluruh lapisan masyarakat marilah bersatu padu memutuskan rantai pandemi Covid-19 di Kota Dumai,” pungkas Zulkifli As.(des)

Editor : Bambang Rio