PUPR Rutin Keruk Drainase Tersumbat Sampah

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) – Ditengah kesibukannya menangani Covid-19 di kota Dumai, Walikota Dumai H. Zulkifli As menyempatkan diri meninjau normalisasi drainase di Jalan Sultan Hasanuddin, dan Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai sepanjang sekira 2 kilometer, Selasa (5/5/2020).

Peninjauan walikota Dumai didampingi Plt Kadis PUPR H Zulkarnaen, Kabid Cipta Karya Riau Satria, Kabid Alat Berat Riski Kurniawan, Kabid SDA Wan Richo.

Kongkowkuy

Kata Wako, normalisasi merupakan kegiatan rutin dilakukan guna memperlancar aliran air agar tidak lagi terjadi banjir.

Pada saat dilakukan pengorekan, kondisi drainase tampak sudah mengalami penyumbatan oleh sampah plastik dan lumpur atau sedimen, akibatnya aliran air tersumbat.

Menggunakan alat berat, sampah plastik dan sedimen diangkat menggunakan beko untuk memastikan tidak ada lagi drainase yang tersumbat.

“Kegiatan ini untuk mengangkat tumpukan sampah dan sedimen agar tidak ada lagi penyumbatan, mengembalikan fungsi drainase untuk mencegah banjir,” tambah wako.

Wako menghimbau bagi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke drainase.

“Saya mengimbau masyarakat jangan membuang sampah ke drainase, mari sama-sama kita jaga kebersihan kota kita ini.” pesan Wako.

Selain meninjau normalisasi drainase walikota dan rombongan juga meninjau pembangunan jalan Abdul Rabkan, Bukit Timah dibangun menggunakan anggaran DAK tahun 2020.

Normalisasi drainase dilakukan bentuk upaya permasalahan banjir yang terjadi di Kota Dumai, dengan lancarnya aliran drainase, sedikit demi sedikit banjir dapat diatasi.

Dikatakan Wako, normalisasi yang dilakukan sasaran drainase yang kerap dilanda banjir, baik itu banjir akibat air hujan maupun air pasang, sehingga permasalah banjir teratasi.

Walikota mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungannya, guna terciptanya Dumai sebagai Kota bebas sampah. (wan)

Editor : Bambang Rio