Total 10 Pasien Positif Covid – 19 Dumai Dinyatakan Sembuh

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Kabar gembira disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid – 19. Sebanyak 6 orang pasien positif covid-19 yang dirawat di RSUD Kota Dumai dinyatakan sembuh dan sudah diijinkan pulang, Sabtu (09/05/2020).

Dengan sembuhnya 6 pasien positif Covid – 19 ini, total pasien yang sudah sembuh sebanyak 10 orang dari akumulasi 15 orang di Kota Dumai yang dinyatakan positif. Bersisa 5 orang lagi pasien positif yang masih dirawat dan diisolasi di RSUD Dumai.

Kongkowkuy

Trend positif penanganan Covid – 19 di Kota Dumai tersebut disampaikan langsung oleh Plt  Kepala Dinas Kesehatan Dumai, Syahrinaldi didampingi juru bicara gugus tugas Covid-19 Dumai, dr Syaipul, Kabid IKP Dumai Muhammad Sadam dan Kabid P2P Dinkes Dumai
Nurbaiti dalam konferensi pers di posko gugus tugas Covid-19 Dumai Sabtu (09/05/2020) sore.

“Alhamdulillah, enam dari 11 pasien yang masih dirawat sudah sembuh. Ini setelah dilakukan swab dengan 2 kali hasil negatif,” kata Syahrinaldi dengan nada gembira.

Adapun enam pasien terkonfirnasi positif yang dinyatakan sembuh yaitu pasien 02 inisial R, yang dirawat sejak 3 April 2020. R merupakan suami dari pasien 03 berisial ME yang dinyatakan sembuh sehari sebelumnya.

Kemudian pasien 05 inisial K yang dirawat sejak 4 April 2020. Pasien K merupakan istri dari pasien 04 berinisial S (54 tahun) yang dinyatakan sembuh pada 30 April lalu.

Masih satu keluarga, pasien 06 yang merupakan cucu pasien 04 dan 05 juga dinyatakan sembuh. Balita inisial DYA ini juga dirawat sejak 4 April.

Pasien kedelapan yang dinyatakan sembuh adalah pasien positif 10 inisial S. Ia dirawat sejak 13 April 2020.

Selanjutnya pasien positif 11 inisial T yang dirawat sejak 24 April. Terakhir yang dinyatakan sembuh adalah pasien positif 14 inisial IY dirawat sejak 5 Mei 2020,

Pria yang akrab disapa Ucok ini menyampaikan meski keenam pasien sudah dinyatakan sembuh namun masih dalam pemantauan. “Jadi mereka masih harus melakukan isolasi selama dua minggu dengan pemantau pihak rumah sakit, dan harus tetap melaksanakan imbauan pemerintah seperti menggunakan masker dan melakukan physical distancing,” lanjut Ucok.

Dirinya  mengajak seluruh lapisan masyarakat Dumai,  untuk memberi dukungan kepada pasien positif Corona, PDD dan ODP dan tenaga medis. Jangan beri stigma negatif pada mereka.

‎”Terimakasih dan penghargaan kepada tim medis dan tenaga kesehatan RSUD Dumai yang telah bekerja keras dan telah memberikan perawatan terhadap semua pasien Covid-19 di Dumai,” ucapnya.

Tentang pasien yang masih dirawat, kata Jubir Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kota Dumai dr Syaipul baru akan dinyatakan sembuh jika dalam hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sapuan lendirnya dua kali berturut-turut negatif virus corona.

“Jadi saat ini, masih ada 5 yang masih dirawat. Kondinya cukup baik. Hanya menunggu hasil swab yang menyatakan negatif sebabyak 2 kali,” kata Syaipul (amb)

Editor  : Bambang Rio