Hasil Swab, ABK China Asal Myanmar Negatif

 

DUMAI(DUMAIOSNEWS)-TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai memastikan Anak Buah Kapal (ABK) China asal Myanmar negatif Covid-19. Hal itu setelah tim gugus tugas menerima hasil swab ABK dan beberapa PDP di Kota Dumai dari Laboratorium Biomolukuler RSUD Arifin Achmad, Senin (15/6) kemarin.

Kongkowkuy

“Benar, kami menerima hasil swab, ada empat yang kami terima hasilnya semua negatif Covid-19,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai, dr Syaiful.

Ia menjelaskan, salah satunya swab negatif yang diterima pihaknya merupakan hasil swab dari ABK kapal China asal Myanmar. “Dua lagi pedagang yang Rapid testnya reaktif, tapi swab nya negatif dan satu lagi warga yang terdeteksi berdasarkan rapid test massal yang reaktif juga negatif Covid-19,” terangnya.

Sekretaris Diskes Kota Dumai itu juga mengatakan dengan demikian PDP yang di rawat di RSUD Kota Dumai tinggal dua orang. “Satu ibu hamil rapid test reaktif dan satu lagi PDP yang di tetapkan karena memiliki gelaja klinis mirip Covid-19,” sebutnya.

Mantan Direktur RSUD Kota Dumai mengatakan, hingga Senin (15/6) kemarin kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota masih 19 orang dengan status semuanya sudah sembuh. “Alhamdulillah, mudah-mudahan tidak ada penambahan dan klaster baru,” terangnya.

Selain itu, saat ini pihaknya masih menunggu hasil PCR Sputum 69 pedagang dan masyarakat yang di ambil di pasar Sukaramai Kecamatan Bukit Kapur, Ahad (15/6) kemarin. “Maksimal 4 hari lagi baru keluar, mudah-mudahan juga negatif sehingga tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 yang baru di Kota Dumai,” harapnya.

Dirinya tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan Covid-19 terutama menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. “Dengan mentaati protokol kesehatan ini saja sudah cukup untuk menghambat dan memutuskan mata rantai penyeberan Covid-19 di Kota Dumai,” tutupnya.(ras)

Editor: Bambang Rio