Kota Dumai Tidak Bisa Zona Hijau, Kendati Pasien Positif Covid 19 Nihil

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) — Walikota Dumai H Zulkifli AS bersama beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Selasa (16/06) melakukan evaluasi dalam penerapan new normal yang sudah berjalan sekitar 14 hari.

Sudah banyak tempat usaha yang membuka dan menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat mencuci tangan, serta memakai masker.

Kongkowkuy

Namun masih ada juga masyarakat yang kurang sadar melindungi diri dari penyebaran virus corona. Banyak yang keluar rumah namun tak memakai masker dan tak melakukan physical distancing.

“Kami terus melakukan evaluasi meningkatkan yang sudah baik dan memperbaiki kekurangan yang ada. Agar tak lagi ada pasien baru yang di isolasi di RSUD Dumai.

Kata wako lagi, pemerintah juga akan melonggarkan beberapa tempat hiburan keluarga namun pengusaha mesti mematuhi protokol kesehatan. Apabila mereka mengabaikan maka pemerintah akan menutup kembali usaha mereka.

Tim Gugus Tugas Pusat Percepatan Penanganan Covid-19 kategorikan Kota Dumai zona kuning.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menyebutkan, kendati Dumai telah dikategorikan sebagai zona kuning dan aman untuk beraktifitas serta bisa tetap produktif, namun pihaknya minta masyatakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Kita tak bisa lagi kembali ke zona hijau sebab sejak merebaknya virus corona Dumai telah terdapat beberapa pasien yang terpapar. Sehingga walaupun saat ini tak ada lagi pasien covid status hanya sampai pada zona kuning. Beda sama Rohil yang dari awal memang tak ada pasien covid 19 sehingga status zona hijau.

“Kami tetap meminta kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah,” pintanya.

Walikota minta masyarakat untuk tetap memakai masker saat berada beraktifitas diluar rumah. Tetap cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak aman.

“Dengan mengikuti segenap protokol kesehatan yang ada, berarti kita tidak hanya membantu menyelamatkan diri kita sendiri, namun juga membantu menyelamatkan orang lain disekitar kita,” ungkapnya.(wan)

Editor : Bambang Rio