Gunakan Air Sungai, Masyarakat Sukadamai Harapkan Kompensasi Layak dari Meridan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Segenap masyarakat RT 7 Sukadamai Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan mengharapkan PT Meridan Sejati Surya Plantation segera memenuhi komitmennya merealisasikan kompensasi yang layak dan sudah pernah dibicarakan bersama menyusul keikut-sertaan perusahaan ini memanfaatkan air bersih aliran Sungai Masjid. Pasalnya, sungai tersebut selama ini diandalkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air kebutuhan sehari-hari.

Ketua RT 7 Sukadamai Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Jonatan mengatakan hal tersebut kepada Dumai Pos karena sampai saat ini janji atau komitmen dari pihak PT Meridan Sejati Surya Plantation masih belum direalisasikan. Pihaknya, sebut Jonatan, mencoba mempertanyakan itu dengan tujuan untuk kepentingan masyarakat Sukadamai. Pemanfaatan dana kompensasi dari perusahaan guna mendukung rutinitas bulanan kegiatan keagamaan dilingkungan masyarakat Sukadamai.

Kongkowkuy

“Ya sampai saat ini komitmen atau janji untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat Sukadamai sehubungan ikut dimanfaatkannya air bersih aliran sungai masjid oleh PT Maridan belum dijalankan, kita coba mempertanyakan itu kembali. Ada dua kompensasi utama yang sudah pernah dibicarakan,” ungkap Jonatan baru-baru ini. Ditambahkan Ketua RT 7 Jonatan, kompensasi bantuan dana kegiatan keagamaan disalurkan rutin bila perusahaan sudah dapat memanfaatkan air sungai tersebut.

Sebelumnya, jelas Jonatan, langkah-langkah mediasi sudah pernah dilakukan bersama dan melibatkan masyarakat, pihak perusahaan dan pihak Kelurahan Bangsal Aceh beberapa waktu yang lalu bertempat di kantor Kelurahan Bangsal Aceh. “Pertemuan sebelumnya sudah membicarakan usulan masyarakat Sukadamai yang juga terkait perluasan kesempatan kerja, warga Sukadamai dan dana rutin melaksanakan kegiatan keagamaan di lingkungan masyarakat Sukadamai. Pertemuan itu dulu dikelurahan,” rinci Jonatan.
Bujang Dewan Jembatani ke Perusahaan

Ketua RT 7 Jonatan juga mengharapkan sebaiknya hasil-hasil pertemuan sebelumnya dapat dibicarakan kembali secara bersama seperti sebelumnya, sehingga menjadi lebih jelas lagi perwujudan komitmen oleh semua pihak terkait. Permintaan lainnya menyangkut lapangan kerja. Ia berharap pihak perusahaan memprioritaskan warga Sukabumi untuk juga dipekerjakan.

Dalam pada itu, anggota DPRD Kota Dumai Daerah Pemilihan Sungai Sembilan dan Bukit Kapur Bujang mengatakan siap menjembatani aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Sukadamai sehubungan dengan pihak perusahaan. Komunikasi kedepannya diharapkan jajaran Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) putra asli daerah yang suka menolong sesama, ini agar menghasilkan kesepakatan yang dapat diterima kedua pihak.

“Mudah-mudahan dengan waktu yang ada ke depan kita berkomunikasi lagi lah,” sebut tokoh masyarakat Sungai Sembilan ini secara terpisah. Pihaknya yang menjembatani aspirasi masyarakat Sukadamai dengan pihak perusahaan PT Meridan Sejati Surya Plantation berharap semua pihak menemukan solusi terbaik dan tentunya melalui komunikasi yang terbaik pula.(ery)