Kepatuhan Protokol Kesehatan Harus Ditingkatkan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi SSos MSi mengatakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan merupakan kunci paling ampuh dalam
pencegahan sebaran Covid-19. Tidak ada pilihan lain kecuali semua komponen masyarakat mematuhi protokol kesehatan, alasannya karena pandemi Covid-19 ini belum ditemukan
obat atau vaksin sehingga untuk mencegahnya hanya mencuci tangan dengan sabun, wajib memakai masker dan harus jaga jarak.

”Alhamdulillah, saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Dumai dalam sepekan terakhir menunjukkan trend yang lebih baik. Hal tersebut terlihat dari jumlah yang sembuh lebih banyak ketimbang jumlah yang terkonfirmasi positif. Akan tetapi, kondisi ini tetap harus disikapi dengan arif bahwa kita semua harus tetap mempertahankan penerapan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan apapun itu,” ujar Syahrinaldi yang juga menjabat Asisten II Setdako Dumai kepada Dumai Pos Rabu (14/10) disela kegiatannya.

Kongkowkuy

Berbagai upaya pemerintah dalam menekan pesebaran Covid-19 (Virus Corona), lanjutnya,
terus dilakukan hingga ke lini bawah dengan mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan setiap kegiatan sesuai protokol kesehatan sehingga aman dari paparan Virus Corona. Bersama gugus tugas, para personel kesehatan juga ditempatkan ke berbagai fasilitas umum dan tempat keramaian lainnya guna memastikan perubahan prilaku masyarakat dengan kebiasaan baru yakni memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Termasuk pola penerapan dengan penyemprotan disinfektan, sosialisasi edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya Covid-19 terus dilaksanakan secara terpadu bersama-sama.

”Ya, karena hal lain yang harus kita antisipasi serta waspadai sekarang di Kota Dumai adalah ketika akhir pekan dan pada musim libur panjang akhir Oktober ini karena kita tak mungkin dapat mengawasi setiap orang yang berpergian keluar Kota Dumai. Untuk itulah, sekali lagi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat jika tidak ada keperluan mendesak sebaiknya tetaplah berada di rumah dan kalau harus keluar rumah tetap menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” harapnya serius.(des)