M Astomo, Siswa SMA-IT Bazma Raih Prestasi Tahfiz Tingkat Provinsi

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Dinas Pendidikan Riau bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Riau mengadakan lomba tahfidz tingkat SMA/SMK sederajat se-Riau tahun 2020, dimana acara puncaknya diadakan 8 Oktober- 9 Oktober dipekanbaru.

Diajang tersebut, perwakilan Kota Dumai yang tahun ini diwakili oleh siswa SMA-IT Plus Bazma Brilliant, M Astomo meraih juara II.

Kongkowkuy

Kepada media ini, Kepala SMA-IT Plus Bazma, Sukanto B irk bersama M Astomo tidak bisa menutupi rasa bangga dan bahagia atas prestasi yang telah diraih tersebut.

”Alhamdulillah, Kota Dumai yang diwakili siswa kami ini dilomba Tahfiz tingkat Provinsi yang diadakan Dinas Pendidikan bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) meraih juara II,”ujarnya.

Sukanto menambahkan untuk lomba ini sebelumnya Astomo mengikuti seleksi yang diadakan di SMKN 2 Dumai untuk ajang tingkat Kota Dumai, dikesempatan tersebut Astomo berhasil meraih juara 1 putra, peserta putri meraih juara III.

Sukanto mengatakan Astomo yang bisa besekolah di SMA-IT Plus Bazma ini merupakan siswa beasiswa yang masih duduk di kelas X.

”Sekolah kami mempunyai program beasiswa untuk siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, Astomo ini salah satunya, ia bisa mengembangkan bkat yang dimiliki melalui salah satu program unggulan sekolah yaitu Tahfiz,”terang Sukanto.

Astomo yang masih duduk dikelas X ini tidak menyangka bisa mewakili Kota Dumai diajang tersebut, karena peserta dari Kabupaten lainnya rata-rata siswa yang sudah duduk kelas XII, kepada panitia.

”Kami mengirimkan Video Morojo’ah lebih kurang 30 menit kepada panitia, saat finalnya barulah tampil secara Live di Pekanbaru, Lomba yang saya ikuti untuk Tahfiz 3 Juz,”ujar anak keempat dari empat bersaudara pasangan Samuri dan Sogirah ini.

Dikesempatan ini Astomo berpesan untuk generasi muda yang ingin menjadi penghapal Quran seperti dirinya yang saat ini sudah hapal 8 Juz ,”Niatkan hati menghapal quran untuk akhirat karena derjat penghapal quran itu tinggi, menjadi penghapal quran ini, dunia dapat, akhirat juga dapat,”ujarnya tersenyum.

Untuk diketahui, perlombaan tahfidz Quran tingkat SMA/SMK sederajat se-Riau tahun 2020 ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori putra dan putri.

Adapun hadiah yang diserahkan Gubri dalam acara tersebut, berupa piala, uang pembinaan, sertifikat serta smartphone yang bisa membantu para tahfidz untuk belajar daring.

Selain hadiah dari Gubri, tahfidz Al-Quran pemenang lomba tingkat SMA sederajat 2020 tersebut juga menerima bantuan uang tabungan dari Bank Riau Kepri, Bank BRI, dan PT Telkomsel, dengan total jutaan rupiah. (rka)