Semprot Disinfektan Cegah Sebaran Covid-19

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)- Penerapan disiplin dan penegakan hukum sebagaimana Perwako Dumai nomor 65 tahun 2020 sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Virus Corona semakin giat dilakukan. Seperti kembali dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai pada Sabtu (17/10). Penyemprotan desinfektan dilaksanakan pada jalan, gang-gang pemukiman warga, tempat ibadah dan fasilitas umum yang berada di RT 03, Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi SSos MSi mengatakan penyemprotan disinfektan di lingkungan RT 03 dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama warga guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona. Dimulai dari Jalan Teladan sampai ke SD Negeri 022 Jaya Mukti kemudian Gang Kelapa, Gang Hidayah, Gang Sidodadi, Gang Utama dan Gang Lestari.

Kongkowkuy
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi SSos MSi

”Dengan adanya kegiatan disinfeksi, sosialisasi dan edukasi ini diharapkan adanya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pada setiap aktifitas akan semakin meningkat. Ya, karena kita sadari memang masih banyak yang belum disiplin dan saya mengajak kita semua ikut memberikan dukungan moril dan semangat kepada petugas di lapangan dalam penanganan Covid-19,” ujar Syahrinaldi kepada Dumai Pos Ahad (18/10).

Kegiatan disinfeksi ini, lanjutnya, mendapat sambutan antusias dari masyarakat bahkan mereka mempersilakan petugas untuk melakukan penyemprotan di lingkungan rumah. ”Kami sangat membutuhkan penyemprotan (disinfektan) untuk wilayah ini. Kami ucapkan banyak berterima kasih,” tutur salah satu warga RT 03.

Syahrinaldi juga mengimbau masyarakat melakukan physical distancing demi keselamatan bersama agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas. Karena, dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik untuk pencegahan perlu juga didukung penyemprotan disinfektan dan pentingnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

”Melalui berbagai upaya sesuai petunjuk pemerintah serta kekuatan doa masyarakat, virus corona diharapkan tidak menyebar luas. Langkah-langkah penyemprotan cairan disinfektan ini setidaknya bisa mengurangi atau mencegah penyebaran virus corona sebagai upaya mensterilisasikan lingkungan warga. Mudah-mudahan dengan segala upaya bisa membuat masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” harapnya serius. Turut hadir pada kegiatan ini Lurah Jaya Mukti, Zembrizon, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Kota Dumai, Suriani, Babinkamtibmas, Ketua LPMK, Ketua Karang Taruna, Ketua RT, dan warga setempat.(des)