Pemko Dumai Gelar Vaksin Massal Tahap I, Targetkan 4500 Lansia dan Pelayan Publik

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) – Dinas Kesehatan Kota Dumai gelar vaksinasi massal selama 2 hari bagi warga Dumai khususnya para Lansia dan Pelayan Publik.

Vaksinasi massal dilakukan di lapangan upacara eks kantor Walikota Jalan HR Subrantas Dumai, Rabu dan Kamis (19-20/5/2021).

Kongkowkuy

Diskes Dumai menargetkan 4.500 orang selama pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal.

Pantauan di lapangan antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti kegiatan vaksinasi massal. 10 Fasilitas Kesehatan dilibatkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi sangat tinggi. 10 Faskes di Dumai dilibatkan dibantu petugas dari Klinik Citra Medika, RS Pertamina, RSUD Dumai dan Puskesmas di Dumai,” kata Plt Kadis Kesehatan kota Dumai dr Syaipul Rabu (19/5).

Disebutkan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi massal, Diskes Dumai telah menyediakan 7.000 vial vaksin Sinovac. Pelaksanaan penyuntikan vaksin berjalan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. sebelum divaksin, calon penerima vaksin di screening atau diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan. dan selama pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal, tidak banyak Lansia yang batal divaksinasi. Namun ada juga yang ditunda karena alasan tensi darah tinggi.

Lebih lanjut, Syaipul mengatakan, vaksinasi massal dilakukan sesuai arahan Gubernur Riau untuk percepat program vaksinasi bagi lansia dan pelayan publik di Riau dan Dumai khususnya.
Selanjutnya, untuk pemberian dosis kedua, masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis pertama bisa langsung datang ke Faskes terdekat setelah 28 hari terhitung sejak menerima vaksinasi dosis pertama.

“Kita berharap, vaksinasi dapat berjalan lancar untuk mengurangi penularan Covid 19, untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian Covid 19, mencapai kelompok kekebalan masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid 19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” harap Syaipul.(men)