Dibuka Bupati Kasmarni, Ribuan Pencaker ‘Serbu’ Bengkalis Job Fair 2022

DURI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Ribuan pencari kerja (pencaker) lokal menyerbu Bengkalis Job Fair 2022 yang dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni, S. Sos, M. Si, Selasa (18/10/22) di Gedung LAMR Kecamatan Mandau, Duri.

“Artinya kami Pemerintah Daerah, berkeinginan agar tenaga kerja lokal memiliki kesempatan untuk hidup maju dan sejahtera. Serta tidak terjadinya kesenjangan ekonomi, kecemburuan sosial serta tertutupnya kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal, oleh berbagai perusahaan atau unit-unit usaha yang beroperasi di daerah ini. Makanya melalui pelaksanaan Bengkalis Job Fair yang kita laksanakan ini, tentunya kami sambut baik dan harus kita dukung, agar ianya dapat terus berlanjut,” ujar Bupati Bengkalis Kasmarni S.Sos, M.MP.

Kongkowkuy

Bupati menyebut bursa kerja merupakan salah satu solusi bersama, guna mengatasi dampak dari tidak seimbangnya antara tingginya jumlah pencari kerja dengan lowongan/lapangan kerja yang tersedia, serta kurangnya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan. Sehingga dapat mempercepat upaya penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bengkalis.

“Saya berharap, melalui momentum Job Fair ini, mudah-mudahan dapat menjadi pemicu para pencari kerja lokal untuk berkerja, manfaatkan momentum Job Fair ini untuk dapat bekerja dan mencapai cita-cita. Selain itu gali terus kemampuan potensi diri dengan mengikuti perkembangan zaman dan lengkapi persyaratan yang diperlukan dalam lamaran pekerjaan anda dengan baik dan benar,” pintanya.

Bengkalis Job Fair 2022 yang dilaksanakan dua hari, 18-19 Oktober 2022, diikuti peserta sebanyak 40 perusahaan swasta. Setidaknya tersedia 639 lowongan kerja bagi pencaker tempatan kabupaten Bengkalis. Inilah yang akan diperebutkan oleh 3.000 lebih pencaker yang telah mendaftar secara online.

Dijelaskan Kepala Disnakertrans Kabupaten Bengkalis, Ismetimol SP, kegiatan Bengkalis Job Fair ini merupakan program rutin Disnakertrans Kabupaten Bengkalis setiap setahun yang bertujuan membantu dan memfasilitasi para pencaker lokal mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan keahliannya sekaligus membantu pihak perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan

” Bengkalis Job Fair ini sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan. Maka dari itu kita kembali melaksanakannya tahun ini dengan melibatkan peserta dari 40 perusahaan swasta yang bergerak di bidang Migas dan lainnya,” ungkapnya.

Tampak ribuan para pencaker memadati halaman gedung LAMR Mandau saat pembukaan Bengkalis Job Fair. Mereka sudah datang pagi-pagi sekali untuk melamar pekerjaan. Di mana sebelumnya para pencaker harus mendaftarkan diri secara online melalui link yang sudah diumumkan.(inf/usa)