Ganjar Dianggap Lakukan Revolusi Birokrasi Lewat Lelang Jabatan

DUMAIPOSNEWS.COM – Pengamat dari Universitas Diponegoro, Kismartini menilai, lelang jabatan yang diterapkan oleh Ganjar Pranowo dalam mengisi jabatan tinggi pratama di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah langkah yang tepat. Bahkan, layak dijadikan rujukan dalam sistem perekrutan yang transparan dan efektif.

Menurut Kismartini, lelang jabatan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menduduki jabatan sesuai dengan keahlian dan kompetensi mereka. Ini merupakan mekanisme yang efektif untuk meningkatkan kinerja pejabat.

Kongkowkuy

“Lelang jabatan itu bagus, membuka kesempatan kepada semua pihak untuk bisa menduduki jabatan sesuai dengan keahlian dan kompetensinya. Sebuah mekanisme yang bagus untuk meningkatkan kinerja pejabat,” kata Kismartini kepada wartawan, Selasa (26/9).

Dia menekankan, konsistensi Ganjar Pranowo dalam melaksanakan lelang jabatan selama menjabat sebagai Gubernur Jateng dianggap sebagai revolusi dalam birokrasi. Hal ini karena jabatan tinggi pratama diisi oleh individu yang berkompeten dan berintegritas.

Kismartini menambahkan, dengan adanya mekanisme lelang jabatan, proses pengisian posisi strategis dalam birokrasi dapat diawasi oleh masyarakat secara luas karena dilakukan secara transparan dan akuntabel. Praktik-praktik korupsi seperti titipan atau sogokan untuk memperoleh jabatan tidak akan lagi terjadi.

“Sistem lelang dilakukan secara profesional dan transparan, tentu itu memberantas peluang praktik KKN. Pimpinan atau pejabat yang dihasilkan tak hanya punya kemampuan dan kecakapan manajerial, tapi juga berintegritas sehingga hal ini mampu mencegah politisasi birokrasi,” jelasnya.