Tahun 2024, Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat Ikut Program Kampung Iklim

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM) – Sukses membentuk program kampung iklim (Proklim) dalam menciptakan masyarakat yang berketahanan iklim dan menerapkan pola hidup rendah emisi gas rumah kaca (GRK) disetiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pelalawan beberapa tahun belakangan ini,  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan kembali membentuk desa proklim untuk 2024 ini.

Pembentukan proklim akan dipusatkan RW 05 Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci untuk mengikuti program kampung iklim. Untuk menjadikan Kabupaten Pelalawan sebuah kawasan cinta lingkungan terus diwujudkan, sejumlah pelaku usaha terlibat mensukseskannya yakni PT RAPP.

Kongkowkuy

”   ” Ya, dalam beberapa tahun sebelumnya kita sudah berhasil membentuk program kampung iklim tersebut.Tahun 2024 ini kita mengusulkan Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat lokasi proklim tersebut ke Kementerian Lingkungan Hidup, “terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Pelalawan Eko Novitra ST didampingi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Pelalawan Bob Kurniawan SHut kepada Dumai Pos, Selasa (25/6) diruang kerjanya.

Eko Novitra juga mengatakan, bahwa beberapa waktu yang lalu, tim verifikasi lapangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kunjungan ke RW 05 Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat untuk melakukan verifikasi terhadap implementasi Program Kampung Iklim. Antusias masyarakat disana sangat bagus dalam program tersebut, dimana mereka rela bekerja mewujudkan di daerah kampung iklim.

” Kunjungan ini merupakan bagian dari tahapan penilaian dalam rangka memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Dalam program kampung iklim, kita juga membangun rumah bibit proklim dalam rangka adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, “ujarnya.
Eko Novitra menambahkan, bahwa dalam program kampung iklim tersebut, pada tahun 2023 lalu Desa Delik diganjar penghargaan oleh Kementerian LHK Republik Indonesia. Pihaknya menginginkan juga, RW 05 Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat mendapatkan penghargaan program kampung iklim tersebut nantinya.

” Saya berharap masyarakat mendukung pencanangan proklim tersebut,  dukungan diharapkan juga datang dari tokoh masyarakat nantinya. Kalau memang program ini benar berjalan optimal, masyarakat juga akan merasakan kelestarian lingkungan dengan penuh kehijauan. Saya juga menghimbau masyarakat agar peduli lingkungan, sebab setiap kita bertanggung jawab terhadap persoalan  lingkungan hidup dan saya juga meminta masyarakat bisa bekerja sama,” tutupnya. (naz)