Atasi Masalah Kelaparan, KPI Dumai Sabet Penghargaan Nusantara CSR Awards 2024

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Berkat komitmen dan kontribusinya dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai kembali menorehkan prestasi melalui program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) yang dijalankannya dengan meraih Penghargaan Nasional CSR SDGs pada ajang Nusantara CSR Awards 2024 (NCSRA).

Ajang penghargaan bagi pelaku usaha yang menjalankan komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) ini diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR dan berlangsung di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (17/7).

Kongkowkuy

Kilang Pertamina Dumai berhasil menambah daftar panjang penghargaan yang diterimanya di pertengahan tahun 2024. Penghargaan untuk tingkat nasional tersebut diberikan untuk kategori Mengakhiri Kelaparan lewat program Inovasi Pertanian untuk Kesehatan Masa Depan Melawan Stunting.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan menyebutkan prestasi baru tersebut merupakan _milestone_ baru dan apresiasi atas keberhasilan yang dicapai oleh Kilang Pertamina Dumai dalam mewujudkan komitmennya menjalankan TJSL perusahaan dengan mengadopsi 17 poin dari tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Penghargaan ini menjadi catatan baru bahwa PT KPI Unit Dumai benar-benar menunjukkan komitmennya dalam menjalankan bisnis yang berbasis dan berdampak untuk lingkungan serta kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Agustiawan menjelaskan PT KPI Unit Dumai memiliki program TJSL yang mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan yang mencakup bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan melalui inovasi-inovasi program. Salah satunya lewat Program Pertanian Lahan Gambut dengan Sistem LEISA pada Kelompok Alam Tani yang berada di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai dengan menanami berbagai tanaman hortikultura hingga pembudidayaan sorgum di lahan sisa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Program tersebut kemudian kami sinergikan dengan program Kelompok Sehati untuk penguatan ketahanan pangan terhadap penanganan permasalahan stunting yang terjadi pada masyarakat Kelurahan Tanjung Palas dan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur,” jelasnya.

Menurut Agustiawan melalui kedua program TJSL tersebut, Kilang Pertamina Dumai berhasil memberdayakan dan meningkatkan perekonomian 15 anggota kelompok masyarakat (Pokmas) tani dengan persentase mencapai 220 persen, yakni dari yang sebelumnya berpenghasilan sebesar Rp 2 juta per bulan menjadi Rp 7 juta per bulan.

“Dengan sinergi dan kolaborasi program TJSL, PT KPI Unit Dumai juga berhasil mengentaskan permasalahan stunting dengan memanfaatkan hasil pertanian Pokmas Alam Tani menjadi pemasok utama Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai salah satu upaya menangani persoalan stunting dan mencegah kematian Ibu dan anak,” tutup Agustiawan.

Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan _The La Tofi School of Social Responsibility_. Ajang tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai mempunyai komitmen dan kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan melalui praktik program CSR unggulan dari setiap masing-masing perusahaan.

Ajang penghargaan NCSRA 2024 diikuti oleh lebih dari lima puluh perusahaan BUMN maupun swasta di Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh La Tofi selaku Chairman The La Tofi School of Social Responsibility yang juga Ketua Tim Penilai Nusantara CSR Awards 2024.

Secara keseluruhan, dalam Ajang Nusantara CSR Awards 2024 PT KPI berhasil memboyong 4 penghargaan melalui Kilang Pertamina Dumai, Balikpapan, Balongan, dan Kilang Kasim (Papua). Dirut PT KPI Taufik Aditiyawarman juga mendapatkan penghargaan Trophy Keris Kehormatan Nusantara CSR Awards 2024 sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan.(rio)