Danrem 031/WB Mengantar Satgas Pamtas RI-PNG, Penuh Haru Keluarga Ikut Mengantar

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Rabu, 17 Juli 2024, bertempat di Dermaga C Pelabuhan Pelindo I Dumai, Jalan Datuk Laksamana, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, dilaksanakan upacara pengantaran 450 personil Satgas dari Yonif 131/BRS dalam rangka operasi pengamanan perbatasan RI-PNG Statis di Provinsi Papua Tahun Anggaran 2024.

Pelepasan prajurit diwarnai penuh haru, saat keluarga ikut melepas pasukan ke daerah komplik tersebut. Tidak sedikit dari keluarga melepas dengan air mata berlinang, sembari memberi semangat kepada prajurit TNI AD ini dalam melaksanakan tugas demi bangsa dan negara.

Kongkowkuy

“Kami bangga denganmu nak, selamat bertugas jalankan perintah negara dengan ikhlas dan tanggung jawab,”kata seorang pria tua kepada seorang prajurit muda sembari memeluk erat tubuh anaknya.

Upacara pelepesan ini dipimpin oleh Inspektur Upacara Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P, M.Han (Danrem 031/WB), dan Komandan Upacara Mayor Inf Dedi Harnoto (Dan Yonif 131/BRS).

Amanat Pangdam l/BB yang dibacakan oleh Danrem 031/WB mengatakan bahwa rasa bangga dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Satgas Yonif 131/BRS dan juga menekankan pentingnya tugas pengamanan perbatasan yang sangat strategis dan menuntut kesiapsiagaan serta dedikasi tinggi.

Danrem 031/WB menjelaskan bahwa Tugas ini menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, persiapan yang telah dilakukan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Setiap langkah yang diambil harus membawa nama baik satuan, TNI AD, TNI, dan bangsa Indonesia. Para prajurit diharapkan menjunjung tinggi disiplin, profesionalisme, dan kehormatan dalam menjalankan tugas.

“Dengan persiapan yang telah dilakukan, baik dari segi latihan, pembekalan, maupun mental, siap untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan juga menekankan pentingnya menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat. Para prajurit diharapkan membantu masyarakat dengan tulus dan memberikan rasa aman serta nyaman. Kehadiran mereka harus membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Jalin hubungan baik dengan masyarakat setempat, bantu mereka dengan tulus, dan berikan rasa aman serta nyaman,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan para prajurit untuk selalu waspada terhadap setiap ancaman yang mungkin timbul dan melaporkan setiap perkembangan situasi di lapangan dengan cepat dan tepat. Keberhasilan tugas tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu, tetapi juga oleh kekompakan dan kerjasama tim.

“Ingatlah bahwa keberhasilan tugas tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu, tetapi juga oleh kekompakan dan kerjasama tim. Oleh karena itu, tetap solid dan saling membantu,” tegasnya.

Diakhir amanat, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh prajurit Satgas Yonif 131/BRS yang akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di Provinsi Papua.

“Selamat bertugas, kami percaya kalian akan menjalankan tugas dengan baik dan kembali dengan selamat,” tutupnya.

Hadir dalam upacara tersebut antara lain H. Yusrizal, S.Sos, M.Si (Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Dumai), Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla, M.M (Danlanal Dumai), Kolonel Inf Bisma (Kasi Intel Korem 031/WB), dan Kolonel Kav Yuli Eko (Kasi Pers Korem 031/WB).

Selain itu, Turut hadir pula Kolonel CPM J. Sitorus (Danden POM Pekanbaru), Letkol Inf Antony Tri Wibowo (Dandim 0320/Dumai), Letkol Laut (P) Salam (Dan KRI Teluk Bintuni – 520), Letkol Lek Rumanto Gunardi (Dansat Radar 232/Dumai), Letkol Arh Budi (Danyon Arhanud 13 Pekanbaru), Kompol Henry Panusutan Hutasoit (Wakapolres Dumai), Sdr. Tommy (Bea Cukai), Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, hadir Datuk Seri Drs. Zamhur Egab, MM, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Dumai, Andreas, serta Edi Sumarso dari PT. KPI RU II Dumai.(rio)