IAITF Dumai Lepas Mahasiswa KKN Internasional/ lokal dan PPL, Dihadiri Imigrasi dan MoU dengan Dumai Pos

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)– Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai menggelar acara pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) lokal dan internasional angkatan ke-19 serta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) angkatan ke-20.

Kegiatan ini berlangsung meriah dibuka langsung Presiden Perhimpunan Ilmuan Pesisir Selat Melaka (PIPSM), Prof Dr S Salahudin Suyurno dan dihadiri Rektor IAITF Dumai Dr H Ahmad Rozai Akbar MH, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Dumai diwakili Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Agus SH MM, General Manager Dumai Pos, Erwan Sani, Ketua Alumni IAITF Dumai Zulfan Isnaini SH, Wakil Rektor dan Direktur P2T IAITF Dumai Dr (Cand) Windayani SPd, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAITF Dumai, Dawami S.Sos M.I.Kom, dekan, ketua prodi, dosen dilingkungan IAITF Dumai, Sabtu (20/6/2024), dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan melafazkan bersama-sama Asma’ul Husna dengan penuh khidmat.

Kongkowkuy

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAITF Dumai, Dr HM Rizal Akbar SSi MPhil menyampaikan KKN Internasional dan Lokal sama-sama memiliki nilai yang penting bagi kampus IAITF Dumai, terutama dalam meningkatkan akreditasi dan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

”Semoga mahasiswa kita baik yang melaksanakan KKN Internasional dan Lokal dengan baik untuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Demikian pula untuk mahasiswa yang melaksanakan PPL maka jadikan ini sebagai pengalaman berharga dalam penerapan ilmu di dunia kerja dengan melihat fenomena yang ada,” ungkapnya.

General Manager Harian Pagi Dumai Pos, Erwan Sani menghadiri kegiatan dalam MoU IAITF Dumai dan Harian Pagi Dumai Pos juga memberikan apresiasi yang baik. Baginya Kerjasama dengan IAITF Dumai dan Dumai Pos maka semakin memberikan manfaat bagi keduanya dalam ikut memajukan pembangunan Kota Dumai.

”Pentingnya sinergi antara media dan pendidikan dalam mendukung program-program seperti KKN dan PPL dan lainnya untuk kedepannya,’ ungkapnya.
Usai penandatanganan MoU Acara antara IAITF Dumai dan Dumai Pos, yang diharapkan dapat memperkuat kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilanjutkan dengan penyerahan SK peserta KKN lokal dan internasional serta PPL dilakukan oleh Sekretaris LP2M kepada Sekretaris Jenderal PIPSM, Dr HM Rizal Akbar SSi MPhil dan dosen pembimbing lapangan.

Penyematan pin secara simbolis dilakukan kepada para mahasiswa perwakilan KKN dan PPL, yakni Muhammad Iqbal, Endrizal, Sulastri, Fadhilah Anggun Sholeha, Amru Husayni, Hakim Marzuki, Siti Nurlina, dan Lailatul Husna.Setelah sesi foto Bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan balon oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai diwakili Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian, Agus SH MH sebagai simbol pelepasan resmi mahasiswa KKN dan PPL.

Acara pelepasan ini diakhiri dengan makan Bersama dan wawancara khusus live dalam program dialog pesisir selat melaka di Studio Tafidu TV sebuah tv streming milik kampus dengan tema melihat Dumai dari berbagai perspektif kepentingan di Selat Melaka.

”Mempererat kebersamaan dan semangat untuk menjalankan tugas pengabdian di masyarakat. Semua pihak berharap program KKN dan PPL ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat serta mengasah kemampuan para mahasiswa dalam pengabdian dan penerapan ilmu yang telah mereka pelajari,” ungkap Rektor IAITF Dumai, Dr H Ahmad Rozai Akbar MH.(rio)