Ketua PKK Siak, Kampanyekan Pemanfaatan Perkarangan Rumah dan Serahkan Bibit dan Pupuk di PST

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Berbagai upaya dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Siak untuk memberikan peluang dan upaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Siak. Kali ini dilakukan dengan mengkampanyekan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan merangkul kader PKK desa/Kampung di Kabupaten Siak. Pada Kamis (29/8) giliran Kampung Pinang Sebatang Timur (PST) didatangi Ketua PKK Kabupaten Siak, Dra Hj Rasidah Alfedri dan rombongan.

Kedatanga rombongan Pengurus TP PKK Kabupaten Siak diterima Camat Tualang, Mursal S.Sos beserta isteri, Penghulu PST, Sudarno, Ketua BPKam PST diwakili Rahman Umar dan Korwill PPL Kecamatan Tualang, Eva Roza dan Kepala UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Tualang.

Kongkowkuy

Dikesempatan tersebut Rasidah Alfedri menyampaikan agar ibu rumah tangga kreatif dalam aktifitas hari-harinya dalam melayani anggota keluarga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memanfatkan perkerangan rumah sehingga lingkungan menjadi Warung hidup, apotek hidup, lumbung hidup dan bank hidup.

“Termanfaatnya lingkungan hidup ini tentunya nanti akan bisa membackup upaya kita ,untuk menurunkan angka stunting karena sudah dipastikan anggota keluarga tidak akan kekurangan nutrisi yang alami. Langkah ini juga dalam rangka upaya memperkecil konsumtif makanan yang berkembang,” sebutnya.

Dikesempatan itu isteri Bupati Siak Alfedri ini, juga menyebut bahwa ekonomi keluarga akan bisa terbantu sehingga dana yang biasanya kita gunakan beli sayur dan ikan kini bisa dibelanjakan untuk menambah biaya sekolah anak.

“Apalagi jika suami ibuk, baru di PHK, dan perkarangan rumah halamannya luas maka alangkah eloknya memanfaatkannya untuk apotek hidup, Warung hidup, lumbung hidup dan bank hidup. Hal itu tentu akan bisa membantu perekonomian keluarga,” ujarnya.

Ditambahkan, bantuan bibit dan Pupuk ini selain di Pinang Sebatang Timur, hari ini juga diserahkan ke perwakilan ibu rumahbtangga Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib.

“Kampanye dan bantuan bibit serta Pupuk ini telah dilakukan sejak awal dan rencananya akan dilakukan di seluruh Kampung se Kabupaten Siak,” ungkap Rasidah yang didampingi Ketua Pokja III TP PKK Ka upaten Siak, Hj Syarifah Raudha.

Buk Rasidah juga mempersilahkan kepada ibu-ibu datang ke rumah kami baik rumah pribadi atau Dinas. Disana saya juga melakukan pemanfaatan lingkungan mulai berternaknikan hingga menanam sayuran dan juga ada bunga,” ceritanya. (Rel)