Begini Kisah Inspiratif Sunarti Mengejar Pendidikan Paket C dari PT KPI Kilang Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Sunarti, seorang ibu rumah tangga dari Kota Dumai akhirnya resmi menyelesaikan pendidikan kesetaraan Sekolah Menengah Atas (SMA) lewat program Pertamina Cerdas Kejar Paket C yang diberikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Kilang Dumai.

Selama 15 bulan wanita berusia 44 tahun itu mengikuti proses pembelajaran paket C, tepatnya sejak Juni 2023. Ia bercerita, meskipun ada omongan atau cemooh yang meremehkannya untuk mengejar paket C disaat usianya tak lagi muda, baginya hal tersebut bukan halangan dan tidak membatasi semangatnya dalam belajar.

Kongkowkuy

“Walaupun kami sudah tua, tapi itu tidak membatasi kami untuk semangat belajar. Kalau kata orang, untuk apalagi kamu ambil ijazah itu? Saya sekarang sudah berumur 44 tahun, cuma saya memotivasi diri untuk anak,” katanya.

Tak ragu, Sunarti juga membagikan percakapan dengan anaknya saat memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar agar anaknya lebih termotivasi lagi dalam meraih pendidikan dan masa depan yang cerah.

“Istilahnya mamak aja umur segini masih belajar, mereka nampak saya bawa-bawa buku untuk belajar. Apalagi kaya kamu, sayang kalau ga belajar nanti mau jadi apa. Dulu mamak karena keadaan orangtua tidak mampu, makanya kami tidak tamat SMA. Sekarang kamu harus betul-betul belajar supaya besok ada untuk masa depan,” cerita Sunarti saat penyerahan Ijazah Paket C Pertamina Cerdas oleh PT KPI Kilang Dumai.

Kisah Sunarti tersebut merupakan satu dari sekian pengalaman yang dibagikan oleh masyarakat Kota Dumai yang menjadi peserta didik program paket C dari PT KPI Kilang Dumai. Perusahaan tersebut turut mendukung kemajuan pendidikan masyarakat Kota Dumai di sekitar kawasan operasi perusahaan yang mengalami putus sekolah lewat pendidikan kesetaraan program paket C. Hal itu kemudian diwujudkan lewat program Pertamina Cerdas Kejar Paket C yang menjadi salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya (TJSL) Kilang Dumai.

Melalui program tersebut, PT KPI Kilang Dumai telah membantu 25 masyarakat tidak mampu dari berbagai latar belakang, seperti ibu rumah tangga hingga pekerja kebersihan dari Kelurahan Tanjung Palas dan Kelurahan Jaya Mukti yang mengikuti program tersebut dengan menyerahkan ijazah paket C di Gedung PKBM Genza, Dumai pada Rabu (4/9).

Area Manager Communication, Relations & CSR, Agustiawan, mengungkapkan program tersebut merupakan program berkelanjutan yang telah dijalankan sejak lama untuk membantu masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama di bidang pendidikan.

“Program ini sudah kita jalankan sejak tahun 2020 dan akan terus _sustain_ (berkelanjutan). Lewat program ini kami ingin mendorong masyarakat yang masih memiliki semangat belajar tinggi lewat pendidikan kesetaraan guna meraih kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya.

Agustiawan menambahkan, lewat program tersebut juga pihaknya ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan selaras dengan meningkatnya kesejahteraan hidup masyarakat. Selain itu, program Pertamina Cerdas Kejar Paket C ini juga menjadi bentuk dukungan perusahaan terhadap program Dumai bebas Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Anak Putus Sekolah (APS) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Dumai.

“Ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus berperan aktif dan bersinergi mendukung Pemko Dumai dalam program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini pun menjadi bentuk tanggung jawab kami sesuai dengan prinsip-prinsip _Environmental, Social, and Governance_ (ESG) yang terus kami jalankan,” Kata Agustiawan.

Berkolaborasi dengan Madani Human Care (MHC), kegiatan pembelajaran dari program TJSL atau _Corporate Social Responsibility_ (CSR) yang dijalankan oleh PT KPI Kilang Dumai tersebut berjalan secara bertahap. Proses pembelajaran dimulai pada Juni 2023 dan pelaksanaan ujian paket C dilaksanakan pada Mei 2024.

Sebagai wujud rasa senang atas keberhasilannya meraih ijazah paket C, Sunarti mewakili para peserta didik yang mengikuti program tersebut mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasinya terhadap program Kejar Paket C yang dicanangkan oleh PT KPI Kilang Dumai.

“Program paket C kita sudah selesai bahkan saat ini kita sudah boleh terima ijazah buat kita. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pertamina, kami tidak bisa membalas kebaikannya. Semoga Pertamina terus diberkati oleh Tuhan,” ungkapnya

Agustiawan berharap semoga dengan adanya program ini dapat menjadi acuan semangat bagi peserta didik untuk meraih pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Kemudian semangat itu harapannya dapat ditularkan ke orang-orang sekitar atau pun keluarga terdekat. Kami pun berharap dengan ini para peserta bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik sesuai yang dicita-citakan,” tutup Agustiawan.

Program Pertamina Cerdas Kejar Paket C yang dijalankan oleh PT KPI Kilang Dumai juga menjadi wujud dukungan dan implentasi terhadap pilar pembangunan berkelanjutan atau _Suistanable Development Goals_ (SDGs) poin 4, yakni pendidikan berkualitas (_quality education_).(rio)