Komisi Ekonomi, Sosial dan Budaya MUI Adakan Workshop Kewirausahaan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai melalui Komisi Ekonomi, Sosial, dan Budaya taja Workshop Kewirausahaan dengan tema “Entrepreneurship Untuk Kemandirian Ekonomi Ummat” bertempat di Aula Pertemuan SMK N 2 Dumai, Sabtu (14/09). Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka realisasi program kerja Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai Tahun 2024 serta dalam rangka meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat di Kota Dumai.

Kongkowkuy

Hadir Walikota Dumai diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H.Yusrizal S.Sos, MSi, Ketua Umum MUI Kota Dumai Drs H Zakaria M.Pd.I, Sekretaris Umum MUI Kota Dumai Jimmi Pasla,S.Ag ,M.Hum., Ketua Panitia Pelaksana pada Komisi Ekonomi, Sosial, dan Budaya MUI Kota Dumai H Muhammad Yunus,S.H.I, dan Sekretaris Panitia Pelaksana pada Komisi Ekonomi, Sosial, dan Budaya MUI Kota Dumai Arfan Sulaiman S.E.Sy.

Kegiatan dipandu oleh MC Arfan Sulaiman,S.E.Sy, dan Pembacaan Kalam Ilahi serta Do’a dipimpin oleh Jaka Purnama,S.Pd.I.

Ketua MUI Kota Dumai Drs.H.Zakaria M.Pd.I., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Dumai yang terus mensupport MUI Kota Dumai dalam segala bentuk kegiatan. Ini merupakan kegiatan terakhir, yaitu kegiatan yang kesembilan, dimana setiap bidang komisi telah melaksanakan kegiatan dengan sangat baik.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada LAZ MHC Dumai yang telah support kegiatan ini.

H Zakaria mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong perekonomian berbasis masjid, meningkatkan pengetahuan, skill, dan menginspirasi serta memotivasi bagi pengurus masjid dan pelaku UMKM.
Selanjutnya, kegiatan dibuka oleh Walikota Dumai diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H.Yusrizal S.Sos.,M.Si.

Dalam sambutannya, Pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada MUI Kota Dumai yang telah menaja sebuah kegiatan yang sangat berarti bagi ketahanan ekonomi ummat.

“Kami jelas salut dengan MUI kita, organisasi ini tidak hanya berkecimpung dibidang keagamaan saja, namun bergerak pula membangun, memperkuat, dan menghidupkan skill dan kemampuan berusaha bagi ummat. Sungguh hal tersebut sebuah dukungan nyata untuk khidmat perekonomian yang sedang kami jalankan,”ujarnya.
Mudah-mudahan workshop ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta, baik dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan maupun perubahan sikap yang dapat menunjang aktivitas para peserta dalam mengelola usahanya, harap H.Yusrizal diakhir sambutannya.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini berjumlah 3 orang, Pertama yaitu Sekretaris Umum MUI Kota Dumai Jimmi Pasla,S Ag, M.Hum., dengan pemaparan materi, “Mengembangkan Ekonomi Berbasis Masjid”. Kedua yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amin Dumai Kyai W Zainal Abidin,S Pd.I, M.Pd, dengan pemaparan materi, “Mengembangkan Produk UMKM, Peluang, dan Pangsa Pasarnya”.

Ketiga yaitu Pendamping Produk Halal Dumai Puspa Rini,SE., dengan pemaparan materi, “Sosialisasi dan Pendampingan Penerbitan Sertifikat Jaminan Produk Halal”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bendahara Umum MUI Kota Dumai Robi Aslam,S.H.I., dan Wakil Sekretaris Umum MUI Kota Dumai H Jasri S.Sos., sekaligus menutup kegiatan ini secara resmi.
Peserta Kegiatan berjumlah 30 orang, terdiri dari Pengurus Masjid dan Pelaku UMKM di setiap Kecamatan se-Kota Dumai.

Tampak para peserta sangat antusias mendengarkan penyampaian Narasumber, diwarnai dengan beberapa lontaran pertanyaan.(rka)