Lusa 35 Anggota DPRD Dumai Bakal Dilantik, Ini Ketua Sementaranya

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)- Sesuai yang dijadwalkan lusa, Selasa (3/09) pukul 09.30 WIB sekretariat DPRD Dumai akan menggelar prosesi pelantikan anggota dewan terpilih periode 2024-2029 di Gedung DPRD Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan  Baganbesar Kecamatan Bukit Kapur.

Pelantikan sebanyak 35 anggota dewan tersebut akan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Dumai, perwakilan dari Pemprov Riau, dan unsur forkopimda Dumai, mantan anggota DPRD, pengurus parpol dan istri serta suami dari masing masing dewan.

Kongkowkuy

Usai pelantikan dilanjutkan dengan peralihan dari ketua DPRD lama kepada ketua DPRD sementara dari Partai Nasdem sekaligus penyerahan palu sidang paripurna.

Sekretaris DPRD Dumai Hadiyono melalui Arik Novrika Sulistio Humas DPRD ketika dikonfirmasi membenarkan pelantikan anggota DPRD Dumai peride 2024-2029 yang akan berlangsung tanggal 3 September 2024.

 

Pelantikan oleh Ketua PN Dumai. Untuk pimpinan sementara sesuai surat yang disampaikan ke DPRD Dumai diamanahkan pada Agus Miswandi sedangkan Wakil Ketua dari PDIP Bahari.

 

Sesuai urutan perolehan suara pemilu legislatif, untuk Ketua DPRD dari Partai Nasdem, Wakil Ketua dari PDIP dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Untuk mensukseskan  rapat persiapan pelantikan itu  melibatkan seluruh pejabat dan staf Sekretariat Dewan.
Saat ini DPRD telah selesai melakukan renovasi ruangan sidang paripurna serta menambah meja dan kursi dari awal 30 anggota DPRD menjadi 35 anggota DPRD terpilih.
“Iya, kita sedang mematangkan, dan hari ini (Minggu,red) dilaksanakan gladi resik pelantikan. persiapan untuk pelantikan anggota Dewan terpilih. Jadwalnya sudah ditetapkan yakni pada tanggal 3 September  nanti, “katanya.
Pelantikan nanti dilakukan di ruang sidang utama oleh Ketua Pengadilan Negeri Dumai.
Terlihat di beberapa sudut ruangan gedung Dewan memang dalam proses renovasi dan diperindah. toilet yang awalnya tersedia di kiri dan kanan pintu masuk utama saat ini ditiadakan dan rombak menjadi ruangan.
Saat ini juga sedang melakukan persiapan administrasi dan kelengkapan anggota DPRD terpilih. Karena waktu terus berjalan dan tinggal sekitar dua pekan lagi, makanya proses pelantikan terus digesa.
Pelantikan ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga momen penting bagi anggota DPRD baru untuk mulai bekerja dalam melaksanakan tugas-tugas legislatif yang diamanahkan oleh masyarakat. Setelah dilantik, para legislator baru diharapkan dapat segera menyesuaikan diri dengan tanggung jawab mereka dan bekerja sama untuk kemajuan daerah.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya berdasarkan hasil ‎ ‎Rapat Pleno Rekapitulasi perolehan Suara Pemilu 2024, Tingkat Kota Dumai,‎ ada 21 wajah baru yang akan mengisi Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Dumai, Periode 2024-2029.‎
Pada pemilu 2024 DPRD tingkat kota Dumai, ‎ada penambahan 5 kursi anggota DPRD Dumai, yang sebelumnya 3 kursi menjadi 35 Kursi DPRD, dengan daerah pemilihan (Dapil) ada  empat.
Berdasarkan ‎hasil ‎ ‎Rapat Pleno Rekapitulasi perolehan Suara Pemilu 2024, Tingkat Kota Dumai,‎ kursi DPRD Dumai, Periode 2024-2029, akan diisi dengan 21 wajah baru, sedangkan 14 lainnya masih diisi wajah lama.

Nama DPRD Dumai, Periode 2024-2029

Dapil 1
Ferdiansyah ‎ (Golkar)
Agus Miswandi (NasDem)
Johannes MP Tetelepta ‎(Gerindra) (Incumbent)
Gusri Efendi (PDIP) (Incumbent) ‎
Roni Bakara  (Demokrat) (Incumbent)
Muhammad Al ichwan ‎hadi (PkS)‎ (Incumbent)
Hasrizal (PAN)(inkamben)
Rendi Firdaus  (Golkar)
‎Sutrisno (Nasdem) (Incumbent)
Idrus (Gerindra)  (Incumbent)

Dapil II
Parluhutan Harianja (PDIP)
Kenda Guntara (Nasdem)
Yuhandri (Gerindra) (Incumbent)
Ananda Putri Salsabila (PAN)
Ediswan (Demokrat)
Antonius Nainggolan (Perindo)
Khoirunnas (PKB)
Rudi Hartono (PKS) (Incumbent)
Andi Putra Silitonga (PDIP) (Incumbent)
Edison (Golkar) ‎ (Incumbent)

‎Dapil III

Junjung Mangatas (Gerindra)
Sudiran (Nasdem)
Muhammad Dochlas Manurung (PDIP)
Ismun (Golkar)
Salman (PPP) (Incumbent)
Mawardi (PKS) (Incumbent)

Dapil IV
Juprida (Nasdem)
Edward Randa (Golkar)
Yohanes Orlando (PDIP)
Idris (Demokrat)
Muhammad Ibrahim (PKS)
Yusman (Nasdem) (Incumbent)
Anton (PPP)
Bahari (PDIP)
Agus Susanto (Gerindra). (wan)