Percepat Layanan Paspor, Tingkatkan Daya Tarik UMKM Imigrasi Dumai Berkolaborasi dengan UMKM

SiDIK JARI: Petugas Imigrasi saat mengambil sidik jari warga yang mengurus paspor di Cafe Senandung Rasa Jalan Bintan, Kota Dumai, Jumat (20/9/2024).

 

Kongkowkuy

DUMAI (DUMAIPOSNEWS.COM) — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai meluncurkan inovasi terbaru dalam pelayanan paspor elektronik melalui kolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Dumai.
Inovasi ini diberi nama SI DUMA KU (Imigrasi Dumai Kolaborasi Dengan UMKM), yang merupakan salah satu langkah untuk memperluas akses layanan paspor elektronik serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Seperti, Jumat (20/9/2024), SI DUMA KU dilaksanakan di Cafe Senandung Rasa di Jalan Bintan, Kota Dumai.

“SI DUMA KU bertujuan tidak hanya untuk mempermudah proses pengajuan paspor elektronik tetapi juga untuk meningkatkan kunjungan ke UMKM, seperti kafe-kafe di Dumai yang mungkin kurang ramai pengunjung. Dengan cara ini, UMKM diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan daya beli masyarakat meningkat,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai Ricky Rachmawan didampingi Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Agus SH MM.
Dikatakannya, inovasi ini diterapkan dengan melakukan pelayanan paspor secara bergiliran di berbagai kafe atau UMKM di Dumai, dengan jadwal pelaksanaan setiap pekannya.

 

“Untuk tahap awal, SI DUMA KU akan menawarkan layanan paspor elektronik baru dan penggantian paspor yang habis berlaku dengan kuota layanan sebanyak 40 pemohon per lokasi. Layanan penggantian paspor yang hilang atau rusak tetap akan dilakukan di kantor imigras,” jelasnya.

Peluncuran pertama SI DUMA KU dilaksanakan di Bens Cafe, yang menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. “Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Bens Cafe serta memberikan keuntungan tambahan bagi pemilik UMKM, dengan menarik lebih banyak pengunjung untuk menikmati berbagai menu yang tersedia,” jelasnya

Untuk mengikuti layanan SI DUMA KU, masyarakat perlu mengajukan permohonan pembuatan paspor secara kolektif atau pengajuan dari pihak UMKM. Selanjutnya, pendaftaran dapat dilakukan melalui link Eazy GO – EL SIDUMA KU di https://bit.ly/sidumaku.

Kantor Imigrasi Dumai berharap inovasi ini akan menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pelayanan dan mendukung perkembangan UMKM di Dumai.(ers)