Siak Melesat” Upaya Pemkab Siak Tingkatakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Program “Siak Melesat” (Siak melayani Kesehatan”) oleh Pemkab Siak yang saat ini dipimpin Alfedri-Husni sebagai salah satu upaya untuk semakin memantapkan perealisasian Standart Pelayanan Masyarakat (SPM) terkhusus di bidang kesehatan.

Ahad (1/9) kemarin giliran Kecamatan Sungai Apit yang dilanda demam Melesat Siak. Program tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Kebanyakan warga masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatan dari kalangan lansia.

Kongkowkuy

Bukan tidak beralasan Bupati Alfedri meluncurkan program ini, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) pemerintah wajib memberikan enam pelayanan dasar kepada masyarakat.

Enam pelayanan dasar tersebut, antara lain. Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Penataan ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dan Sosial.

“Karena itu, hari ini kami datang melayani kesehatan masyarakat kecamatan Sungai Apit. Silahkan bapak/ibu cek kesehatan nya, manfaatkan fasilitas gratis ini,” kata Alfedri, minggu, (1/9) seperti info yang disampaikan Humas Diskominfo Siak.

Tidak hanya pelayanan, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Siak juga membangun rumah sakit tipe D di kecamatan Sungai Apit, yang saat ini dalam tahap penyelesaian perizinan.

“Rumah sakit tipe D ini, kita siapkan untuk mempermudah masyarakat Sungai Apit dan sekitarnya, yang akan berobat tidak perlu jauh-jauh ke Siak. Kecuali sakit tertentu, perlu penanganan serius silahkan dirujuk ke Siak,Insyaallah tahun depan RS tipe D ini akan beroperasi,” kata dia.

Bupati Alfedri turun Siak Melesat di dampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Benny Chairuddin dan mendatangkan 10 dokter spesialis. Program Melesat di Sungai apit menghadirkan usg untuk ibu hamil yang juga ramai diminati.

“Kita juga membawa peralatan cek kandungan USG bagi, untuk ibu hamil, kita lihat tadi ramai juga antri di ruang layanan,” sebutnya.

Nuryati, lansia (76) warga Sungai Apit datang keruangan dokter saraf ingin memeriksa kaki nya yang sering sakit. Ia merasa senang dan terbantu dengan adanya layanan kesehatan yang digagas Bupati Siak Alfedri.

“Saya datang kesini karena diberitahu ada pengobatan gratis, saya kesini mau mengecek syaraf karena kaki saya sering sakit-sakitan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati, sudah peduli dengan warga lansia seperti kami,” ringkas Nur.(rel)