Terminal Penumpang, Wawako: Kenapa Mesti Dipaksakan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Rencana pemindahan terminal penumpang dari PT Pelabuhan I Dumai ke terminal Bandar Sri Junjungan, Purnama, Dumai Barat masih tersimpan persoalan, kalau memang belum siap jangan terlalu dipaksakan, sebaiknya ditunda. Sebab ini terkait dengan keselamatan penumpang dan citra Dumai pada masyarakat yang masuk dan keluar dari daerah ini.

Apalagi dalam surat Kementrian Perhubungan tersebut menyebut agar mengoperasikan dermaga yang sudah dibangun dalam dua kali anggaran tersebut, bukan memindahkan operasional penumpang dari Pelindo ke terminal Bandar Sri Junjungan.

Kongkowkuy

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menegaskan kalau terminal Bandar Sri Junjungan belum layak, kenapa mesti dipaksakan untuk dipindahkan. Karena dalam sehari itu, bukan sendikit penumpang yang datang maupun keluar dari Dumai melainkan capai ratusan orang.

“Kalau dari sisi laut ada yang kurang, ya, mbok diperbaiki dulu,”ujarnya.
Begitu juga untuk sisi darat merupakan tempat naik dan turun penumpang serta ruang tunggu mesti harus layak.

Banyak yang harus dibenahi di terminal penumpang Purnama, mulai dari bangunan yang terlihat sana sini terdapat kerusakan. Begitu juga dibagian atas, banyak terdapat retak-retak. Sebaiknya hal itu yang diperhatikan agar tidak ada penumpang yang celaka atau terkena insiden.

Sebagaimana diberitakan media ini beberapa waktu lalu PT Pelindo Dumai terus melakukan revitalisasi terhadap pelabuhan terminal penumpang. Revitalisasi baik di sisi laut maupun di sisi darat. Revitalisasi itu dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa pelabuhan terminal penumpang.

General Manager PT Pelindo I Cabang Dumai Mardiofi menyatakan investasi revitalisasi fasilitas terminal penumpang merupakan bagian dari masterplan rencana induk pelabuhan (RIP) di Kawasan Pelindo I Dumai.

Terkait rencana pemindahan pelabuhan penumpang yang direncanakan Pemerintah Kota Dumai, ia mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Wali Kota Dumai mengenai keberatan terhadap pemindahan tersebut.

Kadis Perhubungan Dumai Asnar SP mengaku sosialisasi yang dilakukan PT Pelabuhan Dumai Berseri masih kurang dalam rencana pemindahan terminal penumpang domestik dari PT Pelindo ke Bandar Sri Junjungan Purnama.

Editor : BAMBANG RIO
Reporter : MISWANTO