2022 Kalender Balap MotoGP Terpanjang, Mandalika Seri Kedua

DUMAIPOSNEWS – Kalender balap MotoGP 2022 bakal kembali ke kondisi normal. Bahkan, Dorna sebagai promotor balapan telah merancang sebuah seri terpanjang dalam satu musim, yakni 21 race.

Setelah dua tahun mengalami penyesuaian lantaran berbagai pembatalan di banyak seri lantaran pandemi Covid-19, kalender MotoGP bakal melintasi sejumlah benua lagi.

Kongkowkuy

Musim balap akan dimulai pada 6 Maret dengan balapan malam di Qatar. Kemudian dilanjutkan ke Indonesia pada 20 Maret.

Ini menandai kembalinya MotoGP ke Indonesia sejak terakhir digelar pada 1997 di Sirkuit Sentul.

Maret tahun depan, balapan akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Utara. Ini bakal menorehkan sejarah sebagai balapan MotoGP perdana yang digelar di sirkuit jalanan.

GP Argentina juga akan kembali setelah dua tahun hiatus akibat pandemi.

Jadwalnya adalah 3 April dan bakal langsung disambung secara berurutan atau back to back dengan MotoGP Amerika Serikat seminggu kemudian.

Sirkus MotoGP akan mendarat di tanah Eropa dengan GP Portugal pada 24 April. Lalu berlanjut ke Jerez, Le Mans, Mugello, Barcelona, Sachsenring, dan Assen pada Mei sampai Juni.

Paro pertama musim akan ditutup dengan kembalinya GP Finlandia di KymiRing pada 10 Juli. Finlandia kembali masuk ke kalender balap MotoGP setelah 1982.

GP Inggris akan menjadi pembuka paro kedua musim pada 7 Agustus. Dengan GP Austria pindah ke 21 Agustus di Red Bull Ring.

MotoGP akan kembali ke Misano dan Aragon pada September. Lalu lanjut ke GP Jepang yang kembali sejak 2019 akibat pandemi pada 25 September.

Langsung diteruskan dengan GP Thailand sepekan kemudian pada 2 Oktober.

Balapan kemudian masuk ke Australia pada 16 Oktober dan Malaysia 23 Oktober.

Musim balap 2022 akan berakhir di Valencia pada 6 November.

MotoGP juga sudah mengumumkan jadwal tes pramusim di Malaysia dan Indonesia pada 5-13 Februari.

Meski belum ada pengumuman resmi mengenai kalender balap ini, seluruh tim MotoGP sudah menyetujui jadwal sementara ini.(jpg)